Asia Mangan Grup Bangun Pabrik Mangan Di Belu

  • Whatsapp
Share Button

Atambua, seputar-ntt.com – PT Asia Mangan Grup membangun Pabrik pemurnian mangan atau Smelter di Kabupaten Belu. Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Dirjen Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber dan Sumber Daya Mineral, R Sukhyar, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Bupati Belu Joachim Lopez.

Presiden Asia Mangan grup Michael Kiernan pada kesempatan tersebut mengatakan tujuan dari pembanguan Smelter ini adalah untuk mendukunf kebijakan hukum pertambangan di Indoensia dan untuk menciptakan industri yang berkelanjutan di Indonesia khususnya di Belu NTT.. Dengan pembangan ini akan meningkatkan pertumbuhan lapangan kerja dan manfaat lain bagi masyarakat NTT.

“Pembangunan ini merupakan wujud kerja yang telah diselesaikan selama dua tahun terakhir dengan tujuan mengembangkan industri pertambangan dan pengolahan mangan secara terpadu,”kata Michael.

Diakuinya, biji mangan ditemukan di NTT dan sekitarnya termasuk mangan komersial tertinggi kelas dunia dengan tingkat kemurnian 56 persen. Untuk itu Asia Mangan grup akan membangun tanus busur listrik dengan kapasitas produksi 128 ribu ton paduan ferro mangan per tahun.

“Selain itu Pabrik akan membangun sendiri pembangkit listrik secara bertahap untuk mendukung kelancaran proyek dengan kapasitas 75 megawatt.

Sementara Gubernur NTT Frans Lebu Raya meminta agar pihak perusahaan harus menjaga lingkungan serta bisa memberi manfaat bagi masyarakat NTT khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Belu dimana pabrik tersebut berada.

“Saya minta harus perhatikan wilayah serta mampu memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar dan NTT pada umumnya,”kata Frans. (joe)

Komentar Anda?

Related posts