4.784 KK Miskin Di Kabupaten Kupang Dapat Program PKH

  • Whatsapp
banner 468x60
Share Button

Oelamasi, Seputar NTT.com  – Sebanyak 4784 rumah tangga miskin yang tersebar di 68 Desa/Kelurahan di 11 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kupang akan tersentuh Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI.

Demikian dikatakan Sunarto, Staf Direktorat Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI,  saat pembukaan rapat koordinasi (Rakor) PKH tingkat Kabupaten Kupang, Kamis (3/10/2013) di  kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Dijelaskan, program PKH turun ke suatu daerah setelah Pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk melakukan sharing anggaran dari APBD setempat.

“Sesuai ketentuan sharing anggaran dari Pemda itu sebesar 5 persen dari ABPD tapi kita mengerti kesanggupan dari tiap daerah itu berbeda-beda sehingga berapapun anggarannya yang penting ada sharing dana untuk program ini sehingga kita tidak memakai patokan yang dikeluarkan Pemerintah Pusat,” kata Sunarto.

Masih menurut dia, program keluarga harapan atau PKH ini sudah ada sejak 2007 lalu dan hingga saat ini program ini telah hadir di 350 Kabupaten/Kota di Indonesia. Target dari program ini sendiri di tahun 2014 nanti, sebanyak 2.400.000 orang yang tersentuh program ini.

Dalam kesempatan ini Sunarto juga menyentil tentang daerah yang menyediakan anggaran untuk PKH namun salah peruntukkannya. Sebab anggaran sebesar 600 juta menggunakan nama PKH tersebut diperuntukkan bagi pegawai Dinas Sosial daerah tersebut untuk melakukan studi banding ke luar daerah.

“Jadi yang kami minta sebenarnya adalah komitmen Pemda dalam menyelesaikan persoalan-persoalan social di daerah ini,” pungkasnya. (sho)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60