Home / Budaya / Vico Amalo Terpilih Secara Aklamasi Jadi Manek Termanu

Vico Amalo Terpilih Secara Aklamasi Jadi Manek Termanu

Vico Amalo bersama istri

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Ba’a, seputar-ntt.com – Vicoas Amalo terpilih secara aklamasi menjadi Manek (Raja) Termanu. Vico Amalo dipilih oleh para Maneleo yang ada di Termanu. Sembilan LEO yang ada di Termanu Yakni Uluanak, Kotadeak,  Masahuk,  Su’i, Meno, Dudanga,  Inguna’u,  Ingufao dan Kiukanak.

“Pagi tadi di Ho Desa Suebela kecamatan Rote Tengah, secara aklamasi 9 leo menunjuk Bapak Vicoas Amalo sebagai raja (Manek) Termanu,” ungkap Dan Amalo selaku Maneleo Folateik yang mewakili 9 Leo di Termanu saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Termanu Festival di pantai Fopo Kelurahan Onatali Kecamatan Rote Tengah kabupaten Rote Ndao, Rabu, (4/12/2019).

Dan Amalo menyampaikan bahwa tujuan dari Termanu Festival 2019 ini adalah untuk melestarikan kembali adat dan budaya Nusak Termanu yang sudah musnah dan punah dari para leluhur. Ini juga adalah wujud kecintaan terhadap adat dan budaya orang Rote, khususnya di Nusak Pa’da . Festival ini dilangsungkan selama tiga hari yaitu dari tanggal 4-6 Desember 2019 di pantai Fopo kelurahan Onatali kecamatan Rote Tengah kabupaten Rote Ndao.

Baca Juga :  Termanu Festival di Rote Tengah Digelar pada 4-6 Desember 2019

Sementara Vicoas Amalo yang mendapat kepercayaan sebagai Manek Termanu mengaku bahwa dirinya akan terus belajar tentang adat dan budaya baik yang ada di Termanu maupun di Rote Ndao secara umum.

“Ini adalah warisan nenek moyang yang harus tetap dilestarikan. Untuk itu saya minta dukungan dari semua pihak, baik yang ada di Termanu maupun di Rote Ndao secara umum,” harap Vico Amalo. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]