Home / Ekonomi Bisnis / Transmart Kupang Icon Kebanggaan Masyarakat yang Serap Tenaga Kerja 689 Orang

Transmart Kupang Icon Kebanggaan Masyarakat yang Serap Tenaga Kerja 689 Orang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, Seputar-ntt.com – Kehadiran pusat perbelanjaan Transmart Kupang memberikan dampak positif bagi masyarakat kota Kupang dan Nusa Tenggara Timur. Sebagai retail modern, Transmart telah merekrut 689 orang tenaga kerja. Tak hanya itu, retail yang memadukan 4 konsep, Berbelanja, Bersantap, Bermain dan Menonton ini akan menjadi kebanggaan masyarakat sebagai icon NTT.

Demikian penegasan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, wali kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore, Presiden Direktur PT Trans Retail Indonesia, Shafie Samsuddin, dan Konsultan Perencana Transmart yang juga ketua Kadin NTT, Abraham Paulianto, pada acara peresmian Transmart, Jumat (2/3/2018) di Kupang.

Menurut Gubernur Frans bahwa kehadiran Transmart akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat kota Kupang dan NTT. Ada tenaga kerja yang terserap dan penambahan pajak bagi daerah terutama dari parkiran dan reklame. Di mana tenaga kerja itu, 92 persen masyarakat kota Kupang dan sekitarnya.

“Ada parkir juga yang dibayar, ada tenaga kerja. Hampir seribuan orang bekerja di sini. Dan 92 persen tenaga kerja lokal. Ini kan penyerapan tenaga kerja luar biasa. Dan tentu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Kami optimis NTT akan terus maju,”katanya.

Gubernur berharap masyarakat NTT dapat menjaga Transmart sebagai kebanggaan. Apalagi, peresmian diakhir masa jabatan dirinya sebagai gubernur NTT periode kedua. Kata dia, membangun Indonesia adalah membangun NTT juga. Karena NTT bagian dari Indonesia. NTT maju maka Indoneisa pun akan maju.

“Saya minta kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur jaga ini dengan sebaik – baiknya. Tidak usah bikin ulah di sekitar tetapi jagalah, datang (bekanja) baik – baik. Ini menjadi kebanggaan kami (masyarakat NTT). Tentu saya senang karena presmiannya di akhir masa jabatan saya. Mari kita terus mengembangkan, membangun Indonesia di NTT karena Indonesia maju kalau NTT sudah maju. Kalau NTT belum maju, Indonesia belum maju juga. Karena NTT bagian dari Indonesia juga,”tambahnya.

Baca Juga :  Bank NTT Jamin Ketersediaan Uang Tunai Saat Natal

Wali kota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore, dalam sekapur sirihnya mengatakan bahwa kehadiran Transmart akan menjadi kebanggan masyarakat kota Kupang. Apalagi lokasi itu strategi, dekat dengan kantor Gubernur dan kantor bank Indonesia. Walai kota berterimakasih kepada investor yang telah membangun Transmart.

“Terima kasih juga kepada investor yang datang di kota Kupang ini. Investor ini, kami sangat butuhkan. Kami sangat membutuhkan untuk membantu saudara – saudara kami yang ada di kota Kupang. Sebagai pemimpin kota yang baru. Kami berharap banyak sekali investor yang datang,”katanya.

Wali kota menjamin para investor yang berinvestasi di kota Kupang mendapat pelayanan yang maksimal. Yakn kemudahan dalam pengurusan ijin yang bisa dilakukan dalam 1 kali 24 jam. Jika dahulu ijin baru keluar berbulan – bulan maka di masa kepemimpinannya ijin hanya dalam sehari tanpa biaya.

“Kalau ada investor yang datang ijinnya tidak usah bayar. Kita beda dengan yang lain. Tidak bayar pelayanan ijin. Dan tidak dipersulit. Kalau kita hitung ekonomis. Kami membuat sesuatu yang baru di kota ini. Kami membuat sesuatu yang beda. Kita tidak menarik biaya dari ijin tetapi kita melihat bahwa efeck dari itu adalah, saudara – saudara kita bisa bekerja,”ujarnya.
Sementara Shafie Samsuddin mengatakan bahwa PT Trans Retail Indonesia pada tahun 2017 telah membuka 22 toko di seluruh Indonesia. Tahun 2018, akan membuka 26 toko lagi. Dengan diresmikan Transmart Carrefour Kupang, lanjutnya, PT Trans Retail di bawah naungan CT Coopration telah membangun 110 Retail di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Investor Lirik Potensi Garam Kabupaten Kupang

“Kita juga berbangga karena bisa memberikan kesempatan kepada UMKM, kita memberikan kesempatan kepada mereka memasuki barang – barang kepada Transmart ini. Ada hampir 1300 barang yang telah masuk. Dan sebanyak 93 suplier semuanya,”katanya.

Abraham Paulianto, menambahkan bahwa pembangunan Transmart Kupang sudah telah direncanakan sejak 13 tahun lalu. Dengan luas lokasi kurang lebih 20an hektar. Di lokasi ini juga akan menjadi kawasan bisnis center yang direncanakan dibangun hotel bintang lima. Dengan kapasitas kurang lebih 3000 – 5000 konvention hall. Banyak tantangan yang dihadapi namun dengan kerjasama dari semua pihak dapat teratasi.

“Rencana pembangunan ini 10 bulan. Tetapi tertunda 4 bulan. Gara – gara cuman sepele. Pertama, pelabuhan kita sudah siap tetapi barangkali sumberdaya manusianya yang kurang sehingga waktu bongkar muat, di tempat lain 3 hari tetapi di sini 3 Minggu. IMB juga tertunda 4 bulan,”katanya.

Hadir dalam peresmian ini Owner CT Corpration Chairul Tanjung, Komisaris PT Retail Modern Hatta Rajasa, gubernur NTT Frans Lebu Raya, wali kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore, wakil wali kota Kupang Hermanus Man, ketua KADIN NTT Abraham Paulianto, ketua REI NTT Boby Pitoby. Hadir pula kepala bank BI, Naek Tigor Sinaga dan President Directur CEO Transmart, Shafie Samsuddin. (Pelipus Libu Heo).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]