Home / Seputar NTT / Teater SMPNSA ADOTIM Bersihkan Pantai Jordan

Teater SMPNSA ADOTIM Bersihkan Pantai Jordan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Adonara, seputar-ntt.com – Pantai Jordan terletak di Desa Mewet, Kecamatan Wotan Ulumado, Kabupaten Flores Timur, NTT. Jarak dari Waiwerang, ibukota Kecamatan Adonara Timur, kisaran sepuluh kilometer. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai ini kerap dikunjungi oleh warga Adonara sebagai salah satu objek wisata. Sebab, panorama alam yang disajikan pantai ini begitu memesona. Pasir putih yang membentang dari timur ke barat di sepanjang pantai menjadikan pantai ini memiliki pesona tersendiri. Di pepasiran ini, para wisatawan bisa memanfaatkan sebagai tempat bermain dan berkejar-kejaran. Belum lagi, pantainya yang teduh lantaran ditimbun dengan pepohonan besar dan memberikan kesan nyaman, segar, dan tenang. Belum lagi air lautnya yang jernih dan tenang menjadikan pantai ini menjadi salah satu incaran di musim liburan.

Akan tetapi, pemandangan yang indah itu tidak didukung dengan kebersihan pantai. Sebab, sampah-sampah begitu banyak berserakan di sepanjang pantai. Tidak hanya sampah dedaunan kering yang berguguran akibat musim kemarau, tetapi juga oleh sampah-sampah plastik.

Sampah-sampah plastik ini adalah buangan dari para penikmat pantai yang belum sadar betul akan pentingnya kebersihan pantai. Adapun sampah-sampah plastik dimaksud, yakni botol plastik minuman mineral, kaleng softdrink, pecahan beling, sedotan minuman, bungkusan biskuit dan makanan ringan lainnya, hingga kantong plastik.

Baca Juga :  Antar Naitboho-Kase daftar di KPU, Ini Pesan Awang Notoprawiro

Sampah-sampah jenis ini tentu sangat mengancam ekosistem pantai. Sebab, sampah jenis ini tidak bisa diurai oleh bakteri. Karenanya, bila mengendap di tanah maka dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan air laut ke dalam pasir. Bahkan, jika sampah plastik ini dikonsumsi oleh hewan laut maka dapat menyebabkan kematian pada hewan tersebut.

Nah, bertolak dari kondisi ironis tersebut maka Teater SMPNSA Adonara Timur menggelar Aksi Bersih Pantai di Pantai Jordan pada Minggu (19/08/2018) pukul 08.00 sampai 15.00. Selain itu, aksi ini juga sebagai bentuk peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Dalam aksi ini, Teater SMPNSA Adonara Timur dibantu oleh Pramuka SMPNSA Adonara Timur, SMA Muhammadiyah Lamahala, dan Pondok Baca Tapo Naga Waiwerang.

Aksi dimulai dengan arahan singkat dari Koordinator, Pion Ratulolly. Dalam arahannya, Laut Kurikulum di SMPN 1 Adonara Timur ini menegaskan pentingnya menyelamatkan pantai dan laut demi kelangsungan hidup umat manusia.

Baca Juga :  Viktor Laiskodat Mengutuk Keras Penyerangan Gereja Bedog di Jogyakarta

Setelahnya, para peserta membersihkan pantai dengan cara menyapu dan mengumpulkan sampah di dalam karung secara terpisah menurut jenis sampah. Usai itu, sampah-sampah ini dibuang ke tempat pembuangan sampah yang tidak jauh dari salah satu pondok di dalam area pantai ini. Di tempat pembuangan inilah, sampah-sampah ini dibakar oleh para peserta aksi dibantu oleh Pak Fauzi dari MTsN 1 Flotim, Ibu Tuti dari SMA Muhammadiyah Lamahala, Pak Fill Lamarobak sebagai Pembina Pramuka di sekolah ini, dan Pak Syaif Husain sebagai Pembina Teater SMPNSA Adonara Timur.

Usai pembersihan yang memakan waktu tiga jam, acara dilanjutkan dengan Lomba Balap Karung untuk memerebutkan buku Kumpulan Puisi Tapak Tuah karya Pion Ratulolly, Amber Kebelen, dan Ary Toekan; dan buku Kumpulan Cerpen Wasiat Kemuhar karya Pion Ratulolly. Aksi ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sembari berpegangan tangan berdiri menghadap laut. (*)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]