Home / Pendidikan / SMA Negeri 1 Cibal dan Cakrawala NTT Gelar Kegiatan Literasi

SMA Negeri 1 Cibal dan Cakrawala NTT Gelar Kegiatan Literasi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Ruteng, seputar-ntt.com – Dalam rangka meningkatkan budaya membaca dan menulis bagi Guru maupun Siswa dan siswi melalui kegiatan Literasi, Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pendidikan bekerja sama dengan salah satu media yang peduli dibidang Pendidikan yaitu Cakrawala NTT secara resmi membuka kegiatan LITERASI selama tiga hari yang berlangsung di Aula SMA Negeri Satu Cibal ,Kamis 26-28/08/2021.

Dalam sambutanya Kepala SMA Negeri Satu Cibal Yakobus No’ u S.pd mengajak seluruh Guru untuk mengambil bagian dalam kegiatan Literasi sebab kegiatan ini merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca,menulis ,berbicara,menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga Literasi tidak bisa lepas dari kemampuan berbahasa ” Mari kita tingkatkan budaya membaca dan menulis sebab dengan membaca kita mampu menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi khususnya di lembaga pendidikan,sehingga mari kita terus tingkatkan kreativitas kita dengan membaca berbagai referensi yang ada baik Guru maupun Siswa -siswi SMA Negeri Satu Cibal tegasnya.

Kegiatan Literasi berlangsung ditengah Pandemi covid 19 dan perpanjangan PPKM yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kab.Manggarai .Menanggapi hal itu Kepala SMA Negeri Satu Cibal menegaskan bahwa” kegiatan ini tetap mematuhi protokoler kesehatan yang ketat lanjutnya. Di SMA Negeri Satu Cibal sudah dibentuk tim gugus covid 19 sehingga seluruh kegiatan tidak terkecuali tetap mematuhi protokoler kesehatan ungkapnya.

Sementara tim dari Cakrawala NTT menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bapak dan Ibu Guru serta beberapa siswa yang sempat hadir mengikuti kegitan Literasi.
“Kita berharap kegitan ini bukan semata hadir untuk mendengarkan apa yang kami sampaikan tetapi lebih bagaimana Bapak dan Ibu Guru menulis pengalaman selama ini dalam mengajar mungkin ada kendala yang dihadapi sehingga dengan kita membaca dan menulis mampu memecahkan persoalan yang kita hadapi selama ini.Tetapi point pentingnya kita menulis pengalaman dalam bentuk artikel,” jelas Mustakim selaku Pembimbing dari Cakrawala NTT.yang di dampingi Baldus Sae.S.Fil.Yosep Freinademet.

Blandina S.Atap, Maria L.Monelo, Matrildis T.Harmiyati, adalah siswa yang berhasil diwawancarai media ini setelah kegiatan berlangsung. Ketiga siswa itu mengungkapkan harapan mereka. “Kita berharap setelah kegiatan Literasi ini selesai akan ada tindak lanjut dari Bapak Guru dan Ibu Guru seperti membuat perlombaan menulis guna untuk merangsang seluruh siswa dan siswi giat membaca dan menulis yang nantinya akan dipajangkan pada majalah dinding yang ada di Sekolah ungkap siswi SMA Negeri Satu Cibal itu. (dh)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]