Home / News Flash / Sidoarjo Berhasil Terapkan Smart City

Sidoarjo Berhasil Terapkan Smart City

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

 

Kupang, seputar-ntt.com — Bupati Sidoarjo, Saiful Illah mengaku setelah menerapkan Smart City, banyak kemajuan yang dialami wilayahnya, bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) alami peningkatan cukup signifikan.
Pengakuan Saiful yang juga Presiden Citynet Indonesia saat jumpa pers di Restauran Suba Suka Kupang, Rabu (16/10/2019).

Menurut Saiful, Smart City merupakan program yang digagas Kementerian Kominfo RI, dalam mendorong para Kepala Daerah untuk berlomba-lomba mewujudkan nya dengan menyusun master plan Smart City, sebagai kerangka implementasi pembangunan di daerah masing-masing.

“Dari 25 kabupaten/kota yang ditunjuk Kementerian Kominfo, gerakan menuju 100 Smart City, Kabupaten Sidoarjo termasuk salah satunya,” jelas Saiful.

Untuk itu, kata Saiful, pihaknya bergabung bersama Citynet, karena banyak manfaat yang diperoleh Sidoarjo, diantaranya terbukanya peluang investor yang masuk, yang berdampak pada peningkatan nilai investasi.

Baca Juga :  Warga Kelurahan LLBK Terharu Dapat Bantuan Kursi Roda

“Untuk RSUD Kabupaten Sidoarjo kami berhasil kerjasama dengan Seoul Nation University Korea Selatan di bidang kesehatan. Seperti mengirim tenaga medisnya ke Seoul untuk mendapatkan pelatihan, serta menambah pengetahuan di bidang kesehatan,” aku Saiful.

Begitu juga dengan PAD, papar Saiful, saat baru memimpin diperhadapkan dengan PAD yang hanya Rp 250 Miliar, tapi setiap tahun alami peningkatan yang pada akhirnya mampu mencapai Rp 17,8 Triliun.

“Dengan banyaknya kemajuan yang terjadi du Kabupaten Sidoarjo karena berhasil terapkan Smart City, saya lima kali berturut-turut dapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur.

Yang pasti, tambah Saiful, menjadi anggota Citynet banyak manfaat, salah satunya mengembangkan jejaring dengan berbagai kota di Indonesia, untuk mempermudah mengembangkan Smart City.

Baca Juga :  Menteri Tenaga Kerja : Stop Tipu Orang NTT

Wali Kota Kupang, Jefirstson Riwu Kore yang akrab dipanggil Jeriko memberi apresiasi terhadap kepemimpinan Saiful yang berhasil menjadikan Kabupaten Sidoarjo menjadi Smart City.

“Dalam beberapa kali seminar yang saya hadiri, sering Kabupaten Sidoarjo dijadikan contoh sebagai daerah yang sukses menjadi Smart City, apalagi beberap kali mendapat penghargaan,” tambah Jeriko. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]