Home / Pariwisata / Sail Komodo, Ajang Promosi Wisata NTT Kepada Dunia

Sail Komodo, Ajang Promosi Wisata NTT Kepada Dunia

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, Seputar NTT.com – Kegiatan Sail Komodo yang diselenggaran saat ini merupakan ajang yang tetap untuk mempromosikan semua potensi wisata yang ada di Provinsi NTT untuk dikenal secara nasional dan dunia. Demikian dikatakan Menko Kesra, Agung Laksono saat melepas peserta Sail Komodo dari Pantai Kupang, Minggu (4/7).

“Ini adalah moment bagi NTT untuk mempromosikan diri baik secara nasional dan Dunia tentang berbagai potensi wisata yang ada di daerah ini,”katanya. Sail Komodo kata Agung Laksono, sarat dengan semangat pembangunan kelautan, termasuk wisata bahari sesuai dengan salah satu tujuan dari penyelenggaraan sail komodo yaitu mempromsosikan NTT sebagai destinasi utama pariwisata dunia.

Selain itu, kegiatan sail komodo juga bertujuan untuk mengembangkan rute pelayaran kapal-kalap dan yacht ke perairan Indoensia dan NTT pada khususnya. “Event yacht rally menjadi bagian inti dari sail komodo 2013 dan entry point yang tepat, karena Kota Kupang adalah gerbang selatan perairan laut Indoensia,”kata Agung yang juga Ketua Panitian pengarah sail Komodo 2013.

Baca Juga :  Wapres Batal Lepas Rombongan Sail Komodo

Menteri Keluatan dan Perikanan RI, Sharif C. sutardjo pada kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan sail komodo 2013 ini diharapkan bisa menjadi moment bagi provinsi NTT untuk menciptaka  the best sailling passage dengan potensi kelautan yang dimiliki saat ini. dengan demikian maka NTT bisa menjadi destinasi wisata nasional dan internasional.

“Dengan Sail komodo ini maka kita berharap agar potensi kelautan dan perikanan di NTT dapat dioptimalkan secara maksimal sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan,”kata Sharif.

Saat ini katanya, jumlah peserta yacht rally dalam kegiatan sail komdo 2013 telah memesuki perairan Indoensia dari 26 negara. Peserta yacht rally akan menuju Labuhan Bajo  dari lima pintu masuk yakni Saumlaki, Sangihe dan Tarakan. fakta tersebut lanjutnya merupakan bukti kuat bahwa para yachters memandang NTT meruapakan wilayah yang patut untuk dikunjungi karena potensi objek pariwisata nya yang beragam.

Baca Juga :  Kenali Pesona Indonesia Timur lewat Way2East

“Keikutsertaan para yachters tahun ini dikelola oleh tiga operator yakni Sail Indoensia, Back ti down under rally dan darwin Ambon yacht race,”ungkapnya.

Dalam pelayaran ini, para yachter diharapkan bis amenyinggahi 21 Kota/Kabupaten yang ada di NTT sehingga bisa menikmati eksotisme alam NTT sehingga mampu memberi dampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi pesisir di berbagai daerah yang disinggahi.

“Mereka akan berlayar di perairan Indonesia selama 3 hingga 4 bulan dan kita berharap mereka bisa mendapatkan sesuatu yang berbeda di NTT terutama potensi bahari dan pariwisatanya,”pungkas Sharif. (Joey)

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]