Home / Seputar NTT / Rayakan Idul Adha, Awang Notoprawiro Sumbang 15 Ekor Hewan Kurban

Rayakan Idul Adha, Awang Notoprawiro Sumbang 15 Ekor Hewan Kurban

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com –  Dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Ketua DPW PAN NTT, Awang Notoprawiro menyumbang 15 ekor hewan kuban bagi umat muslim di Kota Kupang. Hewan kurban ini selain diberikan melalui masjid juga diberikan lewat Panti asuhan, kerukunan sosial hingga lembaga seperti PBNU.

“Sudah menjadi kebiasaan saya untuk berbagi dengan saudara-saudari sesama muslim ketika hari raya Idul Adha. Saya berharap apa yang kita lakukan bisa membawa berkah bagi sesame sebab apa yang Allah berikan dalam hidup kita hanya titipan semata. Untuk tahun ini saya menyumbang 15 ekor sapi” ungkap Awang Notoprawiro disela-sela kegiatan pada Rabu, (22/8/2018)

Untuk menyerahkan sumbangan hewan kuban kepada umat muslim, Awang Notoprawiro meminta Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore untuk bersama-sama dirinya berkeliling masjid. “Pak Walikota adalah bapak dari semua warga dan beliau tidak pernah memilih dan memilah warganya. Itulah kenapa saya meminta beliau saja yang menyerahkan kepada umat dan biarkan saya cukup mendampingi. Intinya bukan darimana hewan itu kita berikan tapi niat tulus kita dalam berbagi dan kalau yang menyerahkan itu adalah orang tua kita di Kota ini maka warga juga akan merasa senang. Sekaligus juga pak Walikota bisa melihat secara dekat umat muslim di Kota saat merayakan Idul Adha,” begitu alasan Awang Notoprawiro saat ditanya kenapa dia tak menyerahkan langsung bantuannya.

Berkurban ungkap Awang Notoprawiro memiliki makna yang dalam untuk mengajarkan setiap umat agar rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketauhidan hanya kepada Allah. Sama seperti manfaat zakat dan ibadah lainnya, ibadah qurban memiliki manfaat bagi kehidupan personal maupun bagi lingkungan sosial. Berikut manfaat qurban yang ditinjau dari berbagai pendekatan. “Hikmah di balik berkurban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Kita yang selama ini memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk berbagi dengan sesama,” ungkap Awang.

Baca Juga :  Ray Fernandez Terima Penghargaan Prestasi Perbatasan

Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore menyerahkan bantuan hewan kurban di beberapa Masjid di Kota Kupang bagi umat Muslim yang merayakan hari raya Idul Adha. Penyerahan hewan kurban dimulai dari Masjid Al-Ijtihad yang terletak di RT 12, RW 04 Kelurahan Nunbaun Sabu pada Rabu, (22/8/2018).

Jefry Riwu Kore dalam pesannya kepada umat kepada umat muslim, untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan yang selama ini telah terjalin dan terjaga dengan baik di Kota Kupang. Dia juga berharap agar semua warga kota harus menanamkan rasa persaudaraan dan toleransi antar umat beragama sebab Kota Kupang adalah tempat berdiam berbagai suku dan agama.

“Kita tahu bersama bahwa Kota Kupang adalah salah satu kota yang memiliki tingkat toleransi paling tinggi secara nasional. Oleh sebab itu kita wajib menjaga dan memupuk rasa persaudaraan dan menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan perpecahan,” harap Walikota yang akrab disapa Jeriko ini.

Jefri juga mengakui bahwa Pemerintah Kota Kupang tidak menyediakan bantuan dalam APBD untuk bantuan hewan kurban. Walaupun demikian tidak berarti Pemkot Kupang hanya berdiam diri dan tidak berbagi dengan umat muslim yang ada di Kota. Dia berharap, kedepan nanti, lembaga DPRD bisa mengakomodir anggaran sehingga bantuan hewan kurban bisa lebih banyak lagi.

Baca Juga :  Kejari Ende Tahan Mantan Ketua Koperasi Baranuri

“Jadi saya mau sampaikan kepada bapak ibu sekalian bahwa dalam APBD tidak disiapkan dana untuk bantuan seperti ini. Walaupun sedikit kita tetap berusaha untuk berbagi dengan warga kota yang hari ini merayakan hari Idul Adha. Karena bantuan kita terbatas maka kita undi masjid mana saja yang bisa kita bantu. Kita harap kedepan nanti akan banyak Masjid yang bisa mendapat bantuan,” kata Jefry.

Sementara Imam Masjid Al-Ijtihad, Drs. H Nurdin Halamai mewakili umat setempat mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Kupang yang telah peduli dengan memberikan hewan kurban. Dia juga mengakui bahwa ini kali pertama pihaknya mendapat bantuan hewan kurban dari Pemkot Kupang. Pada kesempatan tersebut dia juga menyampaikan bahwa Masjid Al-Ijtihad sedang dalam proses pembangunan dan mengharapkan bantuan baik dari Pemkot Kupang maupun jefry Riwu Kore secara pribadi.

“Terimakasih banyak pak Walikota yang sudah membantu kami. Ini adalah kali pertama kami mendapat bantuan hewan kurban. Pada kesempatan ini kami juga mau menyampaikan kepada pak walikota bahwa kami sedang dalam proses pembangunan dan kami sangat berharap bantuan dari pemerintah. Kami doakan bapak Walikota akan diberkahi dalam tugasnya memimpin kota,” tutup Halamai.

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]