Home / Kesehatan / Peserta BPJS Kesehatan Capai 886.810 Jiwa

Peserta BPJS Kesehatan Capai 886.810 Jiwa

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com–Hingga Semester pertama tahun 2017, jumlah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang sudah mencapai 886.810 jiwa, termasuk peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Subkhan saat kegiatan Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Selasa (22/8/2017).

Secara rinci Subkhan menerangkan, 886.810 jiwa peserta BPJS Kesehatan tersebut, termasuk dari Program Jamkesda Provinsi NTT sebanyak 11.000 jiwa, Pemkab Kupang 10.795 jiwa, Pemkab Alor sebesar 12.176 jiwa dan Pemkab Sabu Raijua (SaRai) sebanyak 10.000 jiwa.

“BPJS Kesehatan Cabang Kupang ini mencakup Kabupaten Kupang, Alor, RoNda dan Kabupaten SaRai, seluruhnya mencapai 886.810 jiwa,” tegas Subkhan.

Baca Juga :  Sehat itu “ PILIHAN” bukan “ KESEMPATAN”

Diakui Subkhan, pertumbuhan jumlah peserta ini, diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama, dimana saat ini ada 139 Gasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), terdiri dari 79 Puskesma, 26 Dokter Praktek Perorangan, tujuh Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 27 Klinik Pratama.
Disamping itu, tambah Subkhan, pihaknya juga telah bekerjsama dengan 44 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), yang terdiri dari 16 rumah sakit, 22 apotek dan enam Optik.

Subkhan memberi apresiasi kepada Pemda terhadp komitmennya dalam mensukseskan Program JKN-KIS. Komitmen yang diberikan, selain dalam bentuk pembiayaan juga perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan.

“Kami sangat berharap, peran Pemda semakin dioptimalkan, baik dari sisi kualiras dan mutu pelayanan, sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat,” harap Subkhan.

Baca Juga :  Lebu Raya : Kematian Ibu di NTT Menurun

Disamping itu, bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas, agar dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan Semesta ditahun 2019.

Lebih lanjut Subkhan menjelaskan, BPJS juga semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka peningkatan mutu dan percepatan cakupan kepesertaan. Diantaranya dibuka pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website dan bank mitra. (Ira)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]