Home / Ekonomi Bisnis / Pertumbuhan Ekonomi Positif Terjadi Pada Katagori Lapangan Usaha

Pertumbuhan Ekonomi Positif Terjadi Pada Katagori Lapangan Usaha

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com — Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I Tahun 2020 tumbuh sebesar 2,84 persen, dibandingkan Triwulan I Tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi positif terjadi pada sebagian besar kategori lapangan usaha.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Darwis Sitorus menyampaikan hal tersebut melalui live streaming, Selasa (5/5/2020).

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Pengadaan Listrik dan Gas yaitu sebesar 14,50 persen,” jelas Darwis.

Selanjutnya tambah Darwis, disusul oleh lapangan usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 7,49 persen serta Informasi dan Komunikasi sebesar 6,13 persen.

Namun demikian, kata Darwis, terdapat beberapa lapangan usaha yang mengalami kontraksi pada triwulan ini. Salah satunya adalah lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum yang mengalami kontraksi sebesar 7,64 persen.

“Pada triwulan I-2020 lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan masih mendominasi perekonomian NTT, dengan kontribusi sebesar 27,15 persen. Selanjutnya diikuti oleh lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan kontribusi sebesar 13,46 persen dan lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 12,19 persen,” papar Darwis.

Bila dilihat dari penciptaan pertumbuhan ekonomi NTT triwulan I-2020, aku Darwis, maka lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib menyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar yaitu sebesar 0,68 persen. Kemudian disusul oleh lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan serta lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran; dan Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan konstribusi masing-masing sebesar 0,66 persen dan 0,56 persen. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]