Home / Seputar NTT / Peringati HPN 2020, Ajo Matim Gandeng DLHD Lakukan Konservasi Alam

Peringati HPN 2020, Ajo Matim Gandeng DLHD Lakukan Konservasi Alam

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Borong, Seputar-ntt.com – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Aliansi Jurnalis Online (AJO) Manggarai Timur (Matim) dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) melakukan konservasi di Desa Ruan, Kecamatan Kota Komba, Sabtu (8/2/2020).

Kegiatan konservasi ini berupa penanaman 650 anakan pohon sengon dan meni di lingkungan SMPN 6 Kota Komba, juga di seputaran kantor desa Ruan.

Kegiatan tersebut mengusung tema KONSERVA(K)SI “because conservation needs and action”.
Aliansi Jurnalis Online (AJO) sendiri merupakan gabungan dari beberapa media yakni Tagar.id, VoxNtt, Floreseditorial, SeputarNTT, Posflores, Ranakanews, Indonesiakoran, Sorotntt dan Beritaflores.

Pantauan media ini, saat tiba di SMPN 6 Kota Komba, rombongan DLHD Matim di bawah pimpinan Donatus Datur diterima secara adat dengan ritual kepok sundung.

Dalam sambutannya, ketua AJO Matim yang diwakili Yos Syukur mengucapkan terimkasih kepada DLHD yang sudah bersedia dan bekerjasama memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dengan menaman pohon. Tugas kita bersama untuk merawat anakan pohon ini agar kelak berguna bagi anak cucu.

Baca Juga :  Pemkab Sabu Raijua Di Hadiahi Celana Dalam

Kontributor Tagar.id wilayah NTT itu juga mengatakan, pers tentu mendukung program pemerintah melalui DLHD dalam melesatrikan lingkungan, namun pers juga mengkritisi kebijakan pemerintah yang merusak lingkungan.

“Akhir-akhir ini melalui media masa kita menemukan banyak persoalan lingkungan hidup kebakaran, banjir. Sehingga kami dari AJO mengajak kita semua untuk berani dan memulai menanam tanpa harus menunggu program dari pemerintah. Mari wariskan mata air bukan air mata untuk anak cucu kita,” katanya.

Ketua Ajo Matim yang diwakili Yos Syukur lakukan penanaman pohon di kebun sekolah SMPN 6 Kota Komba. Sabtu, 08/02/2020. Foto: Fidel Sanath.

Sementara itu kepala SMPN 6 Kota Komba menjelaskan pihaknya sangat merespon kegiatan yang dilakukan oleh AJO Manggarai Timur.

“Kami berterima kasih dan bersyukur karena dikunjungi oleh bapak kadis, apalagi ini baru pertama kali,” ujarnya.

Baca Juga :  Sejarah Baru; Genap 17 Tahun, PMA STFK Ledalero Dipimpin Mahasiswi

Dia menjelaskan kegiatan penanaman pohon itu juga merupakan dukungan kepada sekolah, melalui salah satu budaya yang ditanamkan kepada siswa yakni kerindangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Timur Donatus Datur. Foto: Fidel Sanath.

Sementara itu kepala Dinas (Kadis) DLHD Donatus Datur mengucapkan terima kasih kepada AJO Matim yang sudah mengupayakan konservasi di desa Ruan, Kecamatan Kota Komba.

Untuk Matim kata dia, hampir setiap tahun dilakukan upaya penanaman pohon di seputaran aliaran sungai.

Dikatakannya, DLHD senantiasa memberikan semua pembibitan dalam upaya penghijauan di Kabupaten Manggarai Timur.

“Peduli terhadap penghijauan menjadi tanggung jawab bersama, bukan saja DLHD melainkan semua komponen Masyarakat,” ujar Donatus.

Lanjut Donatus, “semoga dengan kegiatan penanaman hari ini di SMPN 6 Kota Komba, dapat menumbuhkan semangat dan kepedulian dalam mencintai Lingkungan untuk semua generasi yang ada di Kabupaten Manggarai Timur. (Fidel Sanath)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]