Home / News Flash / Pemkot Kupang Gelar Diklat Linmas

Pemkot Kupang Gelar Diklat Linmas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com — Mewujudkan ketertiban dan keamanan di Kota Kupang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melaui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PL) menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Kegiatan yang digelar selama enam hari, terhitung mulai tanggal 26-31 Juli 2019 di aula rumah jabatan Wali Kota Kupang, dibuka oleh Wakil Walikota (Wawali) Kupang, Hermanus Man.

Dalam arahannya, Hermanus Man menegaskan bahwa Masalah Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kota Kupang, masih menjadi masalah klasik. Untuk itu perlu perhatian bersama baik dari pemerintah, maupun masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi peningkatan kamtibmas di Kota Kupang,” jelas Hermanus.

Dikatakan Hermanus, tingkat kenyamanan masyarakat untuk tinggal disuatu wilayah, sangat ditentukan oleh beberapa faktor penting, diantaranya terjaminnya keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar masyarakat tinggal.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Target Petumbuhan Ekonomi Naik 8,1 persen

“Pemerintah sampai saat ini terus berupaya, agar ketertiban dan keamanan di wilayah Kota Kupang terus terjaga,” jelasnya.

Beberapa hal yang telah dilakukan, papar Hermanus Man, antara lain melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan Kodim 1604, dalam penegakan Perda dan pemberlakuan sanksi yang tegas kepada oknum-oknum, yang melakukan pelanggaran guna menciptakan keamanan serta ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mengoptimalisasi keberadaan Satlinmas di tengah-tengah masyarakat, sehingga kedepannya diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam masyarakat,” ujarnya.

Kembali pihaknya berharap melalui kegiatan pelatihan ini, seluruh komponen satuan Linmas, dapat saling bertukar pikiran mengenai eksistensi kelembagaan, baik dalam menyikapi bentuk ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan, maupun dalam menjamin keberhasilan capaian program kegiatan kinerja Datlinmas demi terwujudnya Kota Kupang yang layak huni, aman, tertib dan kondusif,

Baca Juga :  Bau Kotoran Babi Paling Banyak Dikeluhkan Warga Kota

Sebelumnya, Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kota Kupang, Jackson Jimmy A. Tunliu dalam laporannya mengatakan komitmen Pemkot Kupang untuk meningkatkan peran serta masyarakat, dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Kupang diwujudkan melalui pembentukan Satlinmas.

“Untuk merespon ini, Pemkot Kupang melalui Satpol PP menggelar Diklat bagi anggota Linmas se-Kota Kupang,” paparnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, para Lurah serta peserta pendidikan dan pelatihan yang merupakan anggota Linmas se-Kota Kupang berjumlah 51 orang yang berasal dari tiap-tiap kelurahan. Para instruktur antara lain berasal dari Kepolisian Resor Kupang Kota, Kodim 1604 Kupang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang dan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]