Home / Seputar NTT / Pegawai Kecamatan Sabu Timur Lakukan Gerakan Penghijauan

Pegawai Kecamatan Sabu Timur Lakukan Gerakan Penghijauan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Para pegawai yang bertugas di Kantor Camat Sabu Timur, Kabupaten Sabu Raijua , Propinsi Nusa Tenggara Timur melakukan gerakan penghijauan pada jumad (05/02/2021) . kegiatan penghijauan tersebut di pimpin langsung oleh Camat Sabu Timur, Ramenius Mangngi Djo SH , Sekcam Daud Djami Bale SH , para Kepala Seksi berserta seluruh staf baik ASN maupun Tenaga Kontrak.

Camat Sabu Timur ketika dihubungi media ini mengatakan bahwa kegiatan penghijauan yang mereka lakukan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh seluruh pagawainya dan sudah berlangsung selama 5 Tahun sejak ia menjadi camat di wilayah tersebut. Adapun tanam yang selama ini mereka tanam adalah jenis beringin, sengon laut, mahoni dan beberapa tanaman buah-buahan yang ditanam di kompleks kantor Camat Sabu Timur.

Menurut Manyobo sapaan akrabnya, bahwa mereka memilih beringin sebagai tanaman yang menjadi fokus untuk ditaman karena Sabu Raijua saat ini mengalami krisis air bersih yang diakibatkan dari curah hujan yang rendah sehingga persediaan air tanah sangat minum. Oleh krna itu, menurut Dia , beringin menjadi sala satu tanaman yang memiliki daya penyimpanan cadangan air tanah yang cukup tinggi.

“Kami memilih beringin karena tanaman ini merupakan tanaman local yang mudah di dapat dan sudah hidup puluhan tahun di Daerah ini, sehingga mudah tumbuh jika ditanam, selain itu, kami memilih beringi sebagai bentuk dukungan terhadap program hijauan pakan ternak di Sabu Raijua .” ujar Ramenius

Kedepan ia berharap kepada seluruh masyarakat Sabu Raijua terlebih kusus masyarakat Sabu Timur agar mendukung kegiatan ini dengan tidak melepaskan ternak yang dapat merusak tanaman yang selama ini mereka tanam.

Jean djawa Gigi sebagai salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua ketika dimintai komentarnya mengatakan, ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada Camat Sabu Timur bersama stafnya karena telah melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk merawat dan menjaga alam Sabu Raijua. Ia berharap, ini akan menjadi contoh dan motivasi bagi seluruh elemen masyarakat maupun instansi-instansi lainnya yang ada di Kabupaten Sabu Raijua.

“Saya mengapresiasi gerakan penghijauan yang digagas oleh pak Camat bersama-teman-teman semoga ini menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat untuk memanfaatakan curah hujan tahun ini,yang mau dikatakan cukup tinggi di bandingkan tahun-tahun Sebelumnya , untuk melakukan gerakan penghijauan karena kita sedang mengalami pemanasan global “ujar Madubu, sapaan akrab Jeas

Untuk diketuhi bahwa kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh Camat Sabu Timutr bersama staf selama 5 tahun terakhir telah menghasilkan ratusan stek beringin yang telah tumbuh dan beberapa masyarakat sudah menikmati hasilnya sebagai pakan ternak mereka.(JHF)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]