Home / Sabu Raijua / Pabrik Rumput Laut Di Sabu Raijua Rampung Dibangun

Pabrik Rumput Laut Di Sabu Raijua Rampung Dibangun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Seba, seputar-ntt.com – Pembangunan pabrik rumput laut di Kelurahan Limaggu, Kecamatan Sabu Timur Kabupaten Sabu Raijua telah rampung. Saat ini Pemkab Sabu Raijua sementara melakukan proses tender pembelian mesin. Diperkirakan pada pertengahan tahun 2015 ini, pabrik tersebut sudah beroperasi.

“Saya baru melakukan kunjungan dibeberapa desa dan menyematkan diri untuk melihat pembangunan pabrik rumput laut. Posisi saat ini, gedung sudah rampung, tinggal memasukkan mesin. Sekarang lagi proses tender,” kata Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome, Jumat (13/2/2015).

Marthen mengatakan, pembangunan pabrik rumput laut ini sebnarnya sudah selesai sejak bulan Desember 2014 silam. Namun karena ada persoalan lahan sehingga pekerjaannya sedikit molor. “Ini kan sempat ada persoalan lahan sehingga molor, tapi dengan pendekatan yang kita lakukan terjadap tuan tanah, persoalan lahan terselesaikan,” tambahnya.

Baca Juga :  Minta Jokowi ke Sabu Raijua, Masyarakat Temui Wantimpres di Istana

Kehadiran pabrik rumput laut ini lanjut Marthen, akan membuka lapangan kerja bagi banyak pencari kerja di Sabu Raijua. Selain itu kehadiran pabrik akan memicu garirah masyarakat untuk lebih giat membudidaya rumput laut di semua pesisir pantai Sabu Raijua.

“Untuk tahun 2015 ini ada ribuan tenaga kerja yang akan diserap. Ada tiga pabrik yakni garam, air mineral dan rumput laut. Selain itu, untuk tambak garam juga membutuhkan 1000 lebih tenaga kerja,” ungkapnya.

Dengan beroperasinya pabrik rumput laut dan dua pabrik lainnya, maka akan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Sabu Raijua. “Kita optimis PAD dengan sendirinya akan melejit sehingga ketika Pemerintah pusat menghapus pajak PBB, ada sektr lain yang akan menutup PAD kita,” kata Marthen.

Baca Juga :  Usai Dilantik Gubernur, Ribuan Masa Jemput Dira Tome-Rihi Heke di Bandara

Pihaknya juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat terutama para pemilik lahan yang telah mendukung pembangunan pabrik sehingga pembangunannya telah rampung. “Tanpa dukungan masyarakat, saya pikir ini akan tersendat. Untuk itu kita ucapkan terimakasih untuk dukungannya,” pungkas Marthen (ama)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]