Home / Seputar NTT / Oa’mate, Desa Mayoritas Kristen yang Juara Umum MTQ di Kecamatan Abal

Oa’mate, Desa Mayoritas Kristen yang Juara Umum MTQ di Kecamatan Abal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Kejutan besar terjadi pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Alor Barat Laut (Abal) ke XXVIII yang berlangsung di Lefokisu.

Pasalnya, Desa Oa’mate yang penduduknya mayoritas beragama Kristen Protestan dan hanya terdapat 5 Kepala Keluarga yang beragama Islam, keluar sebagai juara umum berdasarkan surat keputusan dewan hakim bernomor : 03/DH/KEP/MTQ.XXVIII/III/2020.

Juara umum ini pun terasa spesial sebab baru kali pertama selama kegiatan Lomba MTQ tingkat kecamatan yang sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun.

Kepala Desa (Kades) Oa’mate, Timotius Doe kepada media merasa terharu dan bangga atas kemenangan yang diraih kontingennya.

“Pergumulan panjang kami selama ini memberikan hasil terbaik malam ini. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan namun kami terus berjuang, berpartisipasi. Dan Tuhan telah menjawab semua ini,” ungkapnya dengan linangan air mata.

Baca Juga :  Camat Abal Ajak Masyarakat Dukung Hamid di LIDA 2020

Kemenangan ini menurut kades, membuktikan jika 10 kampung Adang, 3 kampung Alor, 7 kampung Pura tidak memandang suku, agama dan lainnya.

“Kita tetap satu dan ini harus dipupuk dan dijaga sampai kapanpun, kita harus tunjukan kepada semua orang budaya 10 3 7 ini baik lewat kegiatan keagamaan dan sebagainya,” ujar Timo Doe.

Atas prestasi ini ia pun berjanji, akan terus dipertahankan pada even yang sama di Desa Lewalu tahun 2022 mendatang.

“Saya optimis bisa mempertahankan hasil ini. Tentunya kami terus berbenah dan mempersiapkan anak-anak kami ini sebaik mungkin. Sebagai pimpinan, saya pasti akan memperhatikan mereka dari segala hal, serta selalu mengacu pada ketentuan-ketentuan yang ada di lomba MTQ ini,” tutup Kades Timotius Doe. (*Pepenk).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]