Home / News Flash / KPUD Kabupaten Kupang Sortir Surat Suara Pemilu

KPUD Kabupaten Kupang Sortir Surat Suara Pemilu

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Senin (3/3) kemarin mulai melakukan penyortiran terhadap ratusan ribu surat suara yang akan digunakan pada pemilihan legislative (Pileg) 9 April mendatang. Penyortiran ini dilakukan di Aula Gereja Elim Naibonat dan melibatkan sedikitnya 200 jemaat dari beberapa gereja setempat.

Juru bicara KPUD Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo kepada wartawan disela-sela pengawasan penyortiran surat suara di gereja Elim kemarin menjelaskan, bentuk surat suara yang dicetak kali ini cukup bagus sehingga hari pertama penyortiran pihaknya belum menemukan adanya kerusakan pada surat suara tersebut.

Dikatakan, jumlah total surat suara yang disortir untuk calon DPR RI daerah pemilihan (Dapil) II sebanyak 198.583 lembar dengan jumlah boks 199 box. Untuk surat suara DPD dapil NTT tercatat 198.583 lembar surat suara yang disortir.

Sedangkan jumlah surat suara untuk calon anggota DPRD Provinsi NTT dari dapil II NTT tercatat 198.583 lembar dan surat suara untuk DPRD Kabupaten/Kota dapil Kupang 1 tercatat 64.634 lembar, dapil Kupang 2 tercatat 39.712 dan dapil Kupang 3 38.343 lembar serta dapil Kupang 4 ada 55.908 lembar.

Surat suara untuk pemilu ulang tercatat 3000 lembar sehingga total surat suara yang akan dihitung selama kurun waktu 4 hari nanti adalah 798.346 lembar surat suara dengan jumlah box 823.

“Kita rencana sortir selama 4 hari dengan prediksi masing-masing orang mampu melakukan sortir sebanyak 1000 lembar surat suara per hari,” kata Ima.

Setelah selesai melakukan sortir surat suara, Ima mengaku, awal April nanti pihaknya mulai melakukan pendistribusian logistic Pemilu, khusus untuk wilayah Amfoang secara keseluruhan karena wilayah ini dinilai memiliki medan yang sulit dicapai. Karena itu, pihanya ingin agar surat suara ke wilayah ini telah tiba jauh sebelum pelaksanaan Pileg digelar.

“Musim begini wilayah Amfoang susah dicapai sehingga wilayah ini awal April kita sudah kirim duluan sehingga kalaupun ada kendala di jalan maka surat suara yang tiba ditempat itu tidak terlambat,” jelas Ima.

Ditambahkan, saat pendistribusian logistic Pemilu nanti pihaknya akan melibatkan juga aparat Polres Kupang guna melakukan pengawalan sehingga surat suara yang dikirim dapat tiba ditempat tujuan dengan baik.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten KUpang, Hans Ch.Louk kemarin di kantor Bupati Kupang di Oelamasi mengaku, pihaknya dalam Pemilu nanti masih tetap menggunakan kotak suara yang terbuat dari alumunium. Sebab kotak-kotak suara tersebut masih baik dan masih cukup untuk digunakan dalam pemilu kali ini.

“Kota suara dari gardus hanya diberikan kepada 1 Kabupaten saja dan untuk Kabupaten Kupang tidak gunakan kotak suara dari gardus itu. Kita masih tetap gunakan kotak suara dari alumunium karena masih mencukupi untuk sekarang dan kondisinya juga masih baik,” kata Hans di Oelamasi.

Seperti disaksikan seputar-ntt pagi kemarin, ratusan warga yang ada di Aula Gereja Elim Naibonat terlihat sedang sibuk melibat surat suara didampingi beberapa pengurus KPU Kabupaten Kupang. Acara penyortiran surat suara pada hari pertama kemarin berlangsung aman dan tertib hingga sore hari. (sho)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]