Home / Seputar NTT / KPP Pratama Kupang Gelar Bimtek Pengisian SPT Tahunan PPh

KPP Pratama Kupang Gelar Bimtek Pengisian SPT Tahunan PPh

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com–Salah satu bentuk pengawasan SPT terhadap Wajib Pajak Badan, KPP Pratama Kupang menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek), Kamis (4/4/2019).

Menurut Kepala KPP Pratama Kupang, Luqman Hakim di Gedung Keuangan Kupang mengatakan, kontributor pajak terbesar di KPP Pratama Kupang selama ini adalah Wajib Pajak Badan, sehingga perlu dilakukan pengawasan secara konsisten.

Menurut Luqman, dari data yang dimiliki, sampai dengan 31 Maret 2019 masih sedikit jumlah Wajib Pajak Badan yang menyampaikan SPT Tahunan.

“Masih sedikit Wajib Pajak Badan yang melaporkan SPT nya, mungkin karena lebih rumitnya mekanisme pengisian SPT Wajib Pajak Badan apabila dibandingkan dengan Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan dan Non Karyawan,” duga Luqman.

Baca Juga :  14 Anggota DPRD Kabupaten Kupang Diperiksa

Disamping itu, tambah Luqman, juga melibatkan ketersediaan laporan keuangan, neraca laba rugi, dan daftar yang harus disiapkan terlebih dahulu, sebelum wajib pajak tersebut mengisi SPT Tahunan.

“Bimtek ini kami gelar untuk membantu para Wajib Pajak Badan, yang masih kesulitan dalam SPT Tahunan. Sehingga kedepannya mereka bisa lebih paham lagi dan tidak alami kendala,” harap Luqman.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh 150 Wajib Pajak Badan, yang dibagi menjadi masing-masing 3 sesi.  Pada awal acara, Wajib Pajak diberikan penyuluhan terkait tata cara SPT. Kemudian apabila ada Wajib Pajak yang membutuhkan asistensi, maka KPP Pratama Kupang menyediakan layanan konsultasi yang akan diberikan oleh masing-masing Account representative.

Baca Juga :  2000 Karung Rombengan dari Timor Leste Diamankan TNI-AL

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan meningkatkan Wajib Pajak agar lebih faham SPT dan melaporkan SPT Tahunannya yang jatuh tempo pada 30 April 2019 mendatang. (ira)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]