Home / Seputar NTT / Kota Kupang Di Guncang Gempa Berkekuatan 5,5 Skala Richter

Kota Kupang Di Guncang Gempa Berkekuatan 5,5 Skala Richter

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Kota Kuapng, Selasa 19 November 2013 pukul 05:31:10 diguncang gempa dengan yang berkekuatan 5,5 skala richter.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Mulyono Prabowo, pusat gempa berada pada kedalaman 29 km, sekitar 25 km tenggara Kota Kupang.Pusat gempa berada di 29 kilometer Tenggara Kota Kupang dilokasi 10,26 Lintang Selatan (LS), 123,83 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 29 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.

Mulyono mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut. Secara teknis, kata dia, peringatan mengenai potensi tsunami yang dihasilkan sebuah gempa dikeluarkan setelah satu jam sejak gempa terjadi. “Sudah positif, gempa tak berpotensi menimbulkan tsunami,” kata dia.

Meski tak menimbulkan tsunami, Mulyono mengatakan warga sempat panik dan berhamburan ke luar rumah akibat gempa tersebut. “Terutama penduduk di sekitar pantai,” kata dia.
Guncangan gempa yang cukup keras yang dirasakan warga Kota Kupang sekitar 30 dtik itu mengakibatkan warga Kota Kupang berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. “Gempa cukup keras, sehingga kami harus lari keluar rumah,” kata Yohana, warga Kota Kupang.

Dia mengaku guncangan gempa itu menggoyang dan menjatuhkan perabot dalam rumahnya. Namun, tidak ada kerusakan berarti yang dideritanya. “Goyangnya sangat keras, sampai-sampai barang dalam rumah ikut jatuh ke tanah,” katanya.(joe)

 

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]