Home / Seputar NTT / Konsul RDTL: Upacara Bendera Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

Konsul RDTL: Upacara Bendera Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yang jatuh pada setiap tanggal 28 Nopember dirayakan serempak oleh seluruh lapisan masyarakat di negara yang berada di ujung Timur pulau Timor ini, demikian juga Konsulat RDTL di Kupang.

Perayaan HUT ke-43 Proklamasi tersebut ditandai dengan digelarnya upacara pengibaran bendera negara RDTL secara hikmad di halaman kantor konsulat Timor Leste di Kupang, Rabu, 28/11/2018, pukul 08.00-09.00 wita.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara Konsul Timor Leste untuk NTT dan Indonesia Timur lainnya yang berkantor di Kupang, Senhor Francisco M.C.P Jeronimo. Bertindak sebagai Komandan upacara Atase Senhor Gregorio Pinto dan pengerek bendera yakni Elisabet Glaudiana Cono, Olandino Moniz dan Francisco Pedro Estanislau.

Baca Juga :  In Memoriam Ruben Funay, Membelah Nuatuas Memeluk Gunung Fatuleu

Amanah Konsul RDTL di Kupang, Senhor Fransisco M.C.P Jeronimo yang disampaikan dalam upacara dimaksud yakni himbauan kepada peserta upacara yang kebanyakan adalah mahasiswa-mahasiswi Timor Leste yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas di Kupang.

” Upacara memperingati hari kemerdekaan RDTL ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air selain mempererat kebersamaan dan kekeluargaan diantara warga Timor Leste yang ada di Kota Kupang,” terang Jeronimo.

Lebih lanjut Jeronimo menghimbau serta mengajak para mahasiswa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan belajar yang sungguh, mempelajari ilmu pengetahuan dengan baik dan memiliki skill untuk dapat diterapkan di negara RDTL ketika kembali nanti.

“Mari mengisi kemerdekaan ini dengan ilmu yang telah kalian pelajari. Pulang dan bangunlah negara yang kita cintai ini. Masa depan RDTL ada ditangan kalian sebagai generasi muda,”ungkapnya.

Baca Juga :  Tiba Belu, Victory-Joss Blusukan ke Posko Relawan

Selain itu Jeronimo menambahkan bahwa di moment HUT ke- 43 Proklamasi RDTL ini, konsulat mampu meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia khususnya Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT).

“Harapan saya Konsulat harus lebih lagi membangun kerja sama dengan pemprov NTT dalam meningkatkan perekononian, perdagangan, pendidikan, budaya dan olahraga untuk menciptakan persaudaraan dan kekeluargaan,”urai Jeronimo optimis.

Pantauan awak media, selain staff konsulat RDTL, hadir pula lurah Fatululi dan staff, Lurah Kuanino, Mahasiswa Undana, Stikes Nusantara, Stikes Maranatha, Stikes CHMK, Unwira, Unkris dan siswa SMK Kes Nusantara.

Usai upacara HUT ke-43 Proklamasi kemerdekaan RDTL dilanjutkan acara ramah tamah bersama.
Viva Timor Leste*(YS)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]