Home / News Flash / Karang Taruna Kelurahan di Kota Kupang Sangat Penting

Karang Taruna Kelurahan di Kota Kupang Sangat Penting

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Posisi karang taruna ditingkat kelurahan sangatlah penting, sebab mereka sangat membantu berbagai kegiatan yang ada ditingkat kelurahan. Demikian dikatakan Asisten I Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  pelaksanaan  tugas dan fungsi bagi pengurus karang taruna se- Kota Kupang yang digelar oleh Dinas Sosial Kota Kupang di aula Balai Dikmas, Rabu (10/5/2017).

Ia mengatakan, kegiatan Bimtek yang diselenggarakan pemerintah memberikan apresiasi karena ini suatu langka yang strategis bagaimana melibatkan pemuda dalam hal ini karang taruna yang ada di 51 kelurahan. Sehingga dengan begitu maka posisi karang taruna ditingkat kelurahan sangatlah penting sekali ditingkat kelurahan.

“Dengam posisi karang taruna tersebut saya rasa kelurahan tinggal lakukan koordinasi saja, sebab semangat anak muda sangat luar biasa.Karena para lurah sudah mampu memegang karang taruna maka saya rasa persoalan kemasyarakatan dapat teratasi secara baik.Dan bahkan kesejtheraan dimasyarkat dapat terlkasana secara baik juga,” ungkapnya.

Menurutnya,pioner-pioner yang dipakai oleh pemerintah ditingkat bawah adalah pengurus kelurahan khususnyankarang taruna ditingkat kelurahan.Untuk itu apa yang dibuat karang taruna dalam bentuk apa pun kegiatanya  di tingkat kelurahan harus di dukung, sebab kesuksesan pembangunan dan kejatheraan di tingkat kelurahan bukan saja tergantung dari seorang lurah dan stafnya ditingkat kelurahan, tapi dukungan dari semua komponen yang ada di kelurahan termasuk didalamnya adalah karang taruna.

Baca Juga :  Pelantikan di Kota Kupang Bikin Dewan Terlambat Gajian

“Kalau kita melihat persoalan yang terjdi di Kota Kupang sesuai informasi di media masa dari generasi muda, maka sangat penting membangun koordonasi dan komunikasi secara baik ditingkat kelurahan guna dapat berjalan secara baik.Maka itu melalui Bimtek karang taruna ini dapat membwah dampak yang baik bagi kota ini kedepan,” katanya.

Sementara panitia pelaksana  dalam sambutannya yang diwakili Noldy Lololau mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana penanaman pengertian dalam memupuk serta meningkatkan kesedaran dan tanggungjawab karang taruna yang ada di wailayah Kota Kupang dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Selain itu, memberikan pemahaman bagi para anggota karang taruna tentang ruang lingkup organisasi dalam mendukung pembangunan nasional khususnya membangun kesejahteraan sosial di Kota Kupang, serta menambah wawasan agar bagaimana generasi muda bisa melihat dan menemukan peluang usaha bagi dirinya sendiri dalam menciptakan lapangan kerja.

Baca Juga :  Koalisi Rakyat HPI Di Kota Suarakan Kesetaraan Gender

“Kegiatan Bimtek ini di ikuti sebanyak 102 orang dengan rincian tiap karang taruna dua orang peserta.Dan dalam kegiatan ini para peserta akan mendapat penyajian materi dari tiga narasumber yakni Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Kota Kupang dan Kepala Dinas Sosial Provinsi, ” katanya.

Sedangkan itu Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Felisberto Amaral mengatakan, kegiatan Bimtek yang dilakukan ini dalam rangka memberikan pemahaman dan wawasan kepada pengurus karang taruna sesuai Permensos Nomor 77 tahun 2010 guna mereka tahu persisi fungsi dan peran mereka di tengah masyarakat.

“Pemuda yang ada ditingkat kelurahan harus diperdayakan, namun bagaimana mereka mau memperdayakan diri mereka belum mendalami betul fungsi dan tugas mereka,sehingga kegiatan Bimtek sebagai langka memberikan pemahaman bagi karang taruna. Dan juga kegiatan ini tiap karang taruna di bantu Rp. 6 juta guna melakukan berbagai kegiatan dengan nantinya penggunaan dana ini akan dibuat laporannya,” katanya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]