Home / Seputar NTT / Isi Kemerdekaan, Muda-Mudi Adonara Bersihkan Pantai Lagaloe

Isi Kemerdekaan, Muda-Mudi Adonara Bersihkan Pantai Lagaloe

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Adonara, seputar-ntt.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, menggelar sebuah aksi nasional gerakan pembersihan pantai, pada Hari Minggu, 19 Agustus 2018, serentak di 73 titik di Indonesia. Salah satunya terjadi di Pantai Lagaloe, Adonara.

Di bawah koordinasi Katarina Kewa Sabon Lamablawa, anggota Komunitas Teater Perempuan Biasa, yang mensponsori aksi ini, puluhan peserta aksi, yang keseluruhannya adalah orang muda, anggota Komunitas Slank Fans Club (SFC) Adonara dan Bipers Adonara ini, memulai aksinya pada sekira pukul 15.50 WITA.

Diawali dengan arahan koordinator aksi, yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dalam posisi bergandengan tangan sambil menghadap ke laut, aksi ini berlangsung selama dua jam.

Baca Juga :  Rumah dan Kebun Warga Desa Dobo Nuapuu Sikka Hancur Dihantam Angin

Para peserta aksi tampak sangat antusias dan gesit membersihkan pantai, dengan peralatan seadanya, berupa parang, sapu lidi dan karung.

Agus Kopong, salah seorang pengelola Pantai Lagaloe, berterima kasih kepada para peserta aksi, yang telah mewujudkan dedikasi mereka dalam mencintai alam, khususnya pantai, melalui aksi semacam ini.

Agus berharap agar aksi ini bisa membius anak muda lain untuk juga menumbuhkan kecintaan pada alam.

Sementara Adrianus Kia Beda, Ketua Komunitas SFC Adonara, mengaku bangga dan terhormat bisa terlibat dalam aksi ini. Senada dengan Agus, Adi, sapaan akrab Adrianus, berharap agar aksi ini mampu memotivasi orang lain, khususnya kawula muda. Menurutnya, aksi ini juga mesti menjadi titik awal bagi orang muda Adonara untuk menyebarkan virus cinta tanah air melalui tindakan nyata.

Baca Juga :  Gedung Pastoran Lewoleba Terbakar

“Jangan luput jaga laut! Jangan gontai jaga pantai! Laut jernih, hati bersih. Pantai indah, nurani cerah,” pesan para peserta aksi di akhir kegiatan, dalam closing video.

Selain Pantai Lagaloe, aksi ini juga terjadi di beberapa titik lain di NTT, yaitu Mewet, Adonara; Larantuka, Lembata, Alor, Kupang dan Labuan Bajo.(*lk)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]