Home / Ekonomi Bisnis / Hari Peduli Sampah Nasional 2020, Aston dan BDLHK tanam Pipa Biopori

Hari Peduli Sampah Nasional 2020, Aston dan BDLHK tanam Pipa Biopori

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, Aston Kupang Hotel & Convention Center bersama dengan Balai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kupang dan Tokoh Masyarakat Sekitar Hotel mengadakan satu kegiatan peduli Lingkungan yang bertemakan “Sampah untuk Kebaikan”.

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Aston Kupang Hotel and Convention Center ini bertujuan untuk mengedukasi warga setempat dalam pengelolaan sampah organik agar diselesaikan di masing-masing Rumah Tangga tanpa harus menunggu waktu untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal tersebut disampaikan oleh GM Aston Kupang, Deddy S.Thalib dalam sambutannya pada hari Jumat, 21 Februari 2020 pagi hari di RT 014 RW 006 Kelapa Lima. “Kegiatan ini bertujuan agar sampah organik dapat diselesaikan di Rumah Tangga masing-masing tanpa harus menunggu waktu untuk diangkut ke TPA, bahkan sampah organik tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebaikan masing-masing Rumah Tangga,” tutur Deddy S.Thalib.

Salah satu metode yang dilakukan adalah pembuatan lubang resapan Biopori. Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Pipa ini dibuat dengan tinggi 1 meter dan diameter 10 cm, kemudian ditanam di dalam tanah secara vertikal.

Pipa yang telah dilubangi ini nantinya akan diisi dengan sampah organik dan ditutup agar dapat menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbun pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah dan kemudian membuat tanah di sekitar menjadi lebih gembur.

Sebelum kegiatan seremonial yang diadakan pada hari Jumat tanggal 21 Februari, Aston Kupang Hotel bersama dengan BDLHK telah melakukan sosialisasi kepada Ketua RW 005, RW 006, RT 010, RT 011, RT 012, RT 013, dan RT 014 Kelapa Lima pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 sore hari.

Sosialisasi dilakukan agar Para Tokoh Masyarakat ini dapat menginformasikan kepada warganya tentang fungsi dari lubang resapan biopori.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mempercantik lingkungan sekitar dan Aston Kupang Hotel bersama dengan pihak-pihak terkait dan warga setempat dapat bersinergi untuk menjaga lingkungan sekitar. Ke depan kami akan mengagendakan untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan kira-kira di bulan Maret,” tutup Deddy S.Thalib.

Selain seremonial penanaman pipa biopori, Hari Peduli Sampah Nasional 2020 ini juga diperingati oleh Aston Kupang Hotel dan BDLHK dengan memungut sampah di sekitar wilayah Hotel hingga ke lokasi seremonial yaitu RT 014. Kegiatan pungut sampah ini sendiri diikuti oleh sekitar 20 orang yang terdiri dari staff Aston Kupang Hotel dan BDLHK Kota Kupang. (*)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]