Home / Budaya / Hari Ini Dikukuhkan Sebagai Manek Termanu, Vico Amalo Janji Angkat Budaya Wisata

Hari Ini Dikukuhkan Sebagai Manek Termanu, Vico Amalo Janji Angkat Budaya Wisata

Vico Amalo (Tengah menggungakan selendang adat) saat jumpa Pers dan galla dinner dengan para raja di Hotel Riki, Ba,a pada Kamis, (5/12/2019) malam.

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Ba,a seputar-ntt.com – Vicoas T.B.Amalo atau yang akrab disapa Vico Amalo akan dikukuhkan menjadi Manek (Raja) Termanu pada hari ini di Fopo Kelurahan Onatali Kecamatan Rote Tengah kabupaten Rote Ndao, Jumat, (6/12/2019). Vico Amalo sebelumnya terpilih secara aklamasi menjadi Manek setelah 9 Leo yang ada di Nusak (Kerajaan) Termanu duduk bersama untuk menentukan seorang Manek di wilayah Termanu. Sembilan Leo yang ada di Termanu Yakni Uluanak, Kotadeak,  Masahuk,  Su’i, Meno, Dudanga,  Inguna’u,  Ingufao dan Kiukanak.

Vico Amalo bersama istri

Pengukuhan Vico Amalo sebagai Manek termanu dihadiri oleh 43 Raja yang ada di wilayah Nusantara. Rangkaian  acara pengukuhan Manek Termanu ini dilakukan dalam sebuah kegiatan akbar dengan tajuk Festival Termanu dimana berbagai kegiatan digelar seperti lomba pacuan kuda, kirab budaya Termanu serta kegiatan lainnya yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 4-6 Desember 2019.

“Ada nilai-nilai budaya yang mulai tergerus seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu saya ingin mengangkat kembali budaya yang ada di Nusak Termanu. Bagimana supaya para ibu-ibu dan perempuan di Termanu harus tetap mencintai dan melestarikan budaya menenun misalnya sebab tenun ikat memiliki nilai sejarah dan merupakan karya intelektual nenek moyang yang harus tetap dilestarikan. Sebagai orang yang mencintai daerah ini maka kita harus mencintai dan melestarikan budaya kita supaya tidak punah dan tetap lestari,” kata Vico Amalo saat jumpa Pers dan galla dinner dengan para raja di Hotel Riki, Ba,a pada Kamis, (5/12/2019) malam.

Pada Kesempatan tersebut Vico Amalo juga menyampaikan bahwa acara pengukuhan dirinya sebagai Manek tidak dilakukan di rumah tua tapi digelar di sekitar batu Termanu karena tempat tersebut memiliki nilai sejarah bagi masyarakat di Nusak Termanu. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada para se-nusantara yang telah berkenan hadir dalam kegiatan pengukuhan dirinya sebagai Manek Termanu. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]