Home / Seputar NTT / Garap Guru PAUD, BPD Minta Bupati Sikka Pecat Kades Kolisia

Garap Guru PAUD, BPD Minta Bupati Sikka Pecat Kades Kolisia

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Maumere, seputar-ntt.com – Selasa (7/3/2017) siang, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda mengirim surat rekomendasi ke Bupati Sikka, Drs, Yoseph Ansar Rera terkait perselingkuhan yang dilakukan oleh Kepala Desa Kolisia, EB (41) dengan oknum guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), BSR (35) yang tertangkap di Kamar kos beberapa waktu lalu.

Surat rekomendasi ini dibuat oleh BPD Desa Kolisia atas permintaan Bupati Ansar, Senin (6/3/2017) siang ketika audiensi di Ruang Rapat Bupati Sikka. Saat itu, Bupati Ansar menegaskan akan segera mengeluarkan surat keputusan pemberhentian Kades Kolisia jika BPD merekomendasikan hal yang sama.

Ketua BPD Desa Kolisia, Gabriel M. Lelu yang ditemui wartawan, Selasa (7/3/2017) siang mengungkapkan BPD Desa Kolisia telah menggelar Sidang Istimewa dan telah menghasilkan keputusan meminta Bupati Sikka untuk memberhentikan tidak dengan hormat Kepala Desa Kolisia dari jabatannya.

Menurut Gabriel, Sidang Istimewa yang digelar BPD Desa Kolisia dihadiri oleh seluruh perangkat BPD Desa Kolisia dan sudah menghasilkan satu keputusan bulat yang dituangkan dalam surat rekomendasi untuk Bupati Sikka.

“Anggota BPD ada 9 orang yang hadir 7 orang karena anggota yang satu sedang mengantar pasien di Rumah Sakit sedangkan anggota yang satu adalah istri dari Kepala Desa Kolisia, jadi dia tidak bisa hadir bersama kami. Tapi kami semua, 7 orang sepakat untuk merekomendasi agar Bupati Sikka pecat Kepala Desa karena sudah melanggar Undang-Undang, mencoreng nama baik Desa Kolisia dan membuat situasi di Desa menjadi tidak nyaman,kalau dibiarkan masyarakat yang dirugikan,” ungkap Gabriel.

Baca Juga :  Sumba Timur Usiulkan Pembentukan Tiga Kabupaten Baru

“Kami sudah kirim surat rekomendasi ini ke Bupati, tetapi tadi Bupati tidak ada di tempat makanya kami serahkan di sekretariat di depan ruang kerja Bupati,” ujar Gabriel.

Gabriel mengungkapkan, pihak sudah mengirimkan surat rekomendasi tersebut kepada Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sikka dan Bagian Hukum Setda Sikka.

Gabriel mengharapkan agar Bupati Ansar dapat menepati janjinya sesuai dengan apa yang sudah diminta Bupati Ansar ketika beraudiensi di Ruang Rapat Bupati Sikka kemarin.

“Kami 7 orang dari BPD Desa Kolisia langsung datang antar surat ini sebagai perwakilan dari masyarakat Desa Kolisia. Semoga pak Bupati bisa tepati janjinya,” harap Gabriel.

Diberitakan seputar-ntt.com sebelumnya, Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera menegaskan dirinya akan mengeluarkan surat pemberhentian Kepala Desa Kolisia, EB (41) apabila ada rekomendasi dari BPD Kolisia. Selain rekomendasi BPD Kolisia, Bupati Ansar juga telah mengantongi sejumlah kajian hukum yang telah dubuat oleh tim pengkaji dari Sat Pol-PP, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) dan Bagian Hukum Setda Sikka.

Baca Juga :  Sampah Menggunung di Nangameting, Lurah Bilang Sudah Maksimal

“Untuk berhentikan Kepala Desa itu bisa saja kita lakukan tetapi harus berdasarkan acuan dan dasar yang jelas sehingga di kemudian hari tidak ada yang menggugat kembali. Kalau BPD buat rekomendasi untuk berhentikan Kades itu maka saya akan langsung keluarkan SK pemberhentian hari itu juga,” tegas Bupati Ansar di Kantor Bupati Sikka, Senin (7/3/2017) siang.

Dikatakan Bupati Ansar, ia tidak bisa serta merta memberhentikan Kepala Desa secara sepihak, menurutnya harus ada tinjauan hukum yang jelas karena itu Bupati Ansar meminta BPD untuk bergerak lebih pro aktif.

“Orang di BPD yang lebih tahu soal situasi di Desa Kolisia jadi kalau mereka rasa bahwa masyarakat resah dan terkotak-kotak sehingga bisa buat situasi kurang nyaman ya mereka punya hak untuk rekomendasikan pemebrhentian Kepala Desa. Kalau rekomendasi itu sudah ada saya bisa langsung surat pemberhentiannya saat itu juga,” kata Ketua DPD Nasdem.(chs)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]