Home / News Flash / Flobamora Bakal Jadi Kenangan, Provinsi NTT Akan Pecah

Flobamora Bakal Jadi Kenangan, Provinsi NTT Akan Pecah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Slogan Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora), kata lain untuk menyebut Provinsi NTT bakal jadi kenangan. Pasalnya sejumlah kalangan mewacanakan akan memcahkan provinsi NTT menjadi tiga Provinsi. Namun wacana ini dibantah Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno.

“Pemekaran Provinsi Flores, Sumba dan Timor baru sebatas wacana belum ada usulan yang jelas ke pemerintah dan DPRD,” kata Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno kepada wartawan di Kupang, Kamis, (18/12/2014).

Pemerintah dan DPRD, menurut dia, belum membahas tentang rencana pemekaran NTT menjadi tiga provinsi, karena pemeritah dan DPRD masih fokus ke pembentukan daerah otonom baru yang telah diusulkan ke DPRD dan pemerintah pusat.

Baca Juga :  36 Rumah Warga Kota Kupang Ambruk

Ada sejumlah wilayah yang telah mengusulkan pemekeran kabupaten, seperti Pantar di Alor, Amanatun di Timor Tengah Selatan, Kota Maumere di Sikka dan Adonara di Flores Timur. “Kami fokus menggolkan empat usulan pemekaran ini. Adonara dan Kota Maumere sudah diusulkan ke pemerintah pusat,” katanya.

Pemerintah daerah, katanya, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembentukan daerah otonom baru. “Sedangkan untuk pembentukan provinsi Flores, Timor dan Sumba baru sebatas wacana,” katanya.

Pemekaran NTT menjadi tiga provinsi sangat sulit, karena belum adanya kesepahaman antara daerah dalam menentukan ibu kota provinsi, seperti wacana pembentukan Provinsi Flores. “Sampai sekarang sembilan kabupaten di Flores, belum sepakat lokasi ibu kotanya. Ini yang sulit,” tegasnya.(van)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]