Home / Pariwisata / Festival Songke dan Festival Ranaka Bakal Digelar di Manggarai

Festival Songke dan Festival Ranaka Bakal Digelar di Manggarai

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Ruteng, Seputarntt-Komunitas Ca Nai bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menggelar Festival Songke dan Festival Ranaka. Kegiatan Festival ini rencananya digelar selama dua hari dimulai pada Jumat, 22 November hingga Sabtu, 23 November 2019.

Ketua Komunitas Ca Nai, Yoseph Edward Nairum Nahas mengatakan, ada beberapa tujuan festival tersebut. Pertama, mengembalikan rasa cinta generasi muda terhadap budayanya sendiri sebagai pembentuk identitas jati diri. Kedua, mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa di mana kearifan lokal dapat diwariskan bahkan memiliki kekayaan nilai bersifat universal.

“Ketiga, untuk memperkaya keberagaman budaya sehingga tidak hanya dilestarikan tapi dikembangkan menjadi ekonomi kreatif berbasis budaya dan bernilai ekonomis,” ujarnya kepada awak media melalui keterangan tertulis pada Rabu malam, 20 November 2019.

Baca Juga :  Festival Mulut Seribu Jadi Event Tahunan di Rote Ndao

Tedy Nahas begitu ia akrab disapa menambahkan bahwa, tujuan lain dari festival itu adalah mendukung promosi wisata di Kabupaten Manggarai untuk mewujudkan tujuan pembangunan pariwisata dan kebudayaan nasional khususnya dalam mendukung serta memperkuat destinasi wisata Manggarai.

“Menggugah semangat kaum milenial untuk mempertahankan budaya dan alam Manggarai,” cetus dia.

Kegiatan itu, kata dia, melibatkan berbagai komunitas meliputi; komunitas pengrajin, sanggar seni budaya, petani kopi, pelaku kuiliner, penggiat seni dan kerajinan serta komunitas lainnya.

Dalam rangka meramaikan kegiatan Festival Songke & Ranaka panitia menampilkan bazar, pameran, dan kuliner di lingkungan Mbaru Wunut, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong dimulai pada 22–23 November 2019.

Adapun jadwal Festival Songke dan Festival Ranaka antara lain; pada Jumat,22 November 2019 akan melaksanakan bakti sosial (Ranaka Bersih) dimulai pukul 08.00-12.00 berlokasi di jalur menuju puncak Gunung Ranaka.

Baca Juga :  Tahun ini Kunjungan Wisatawan ke Nembrala Turun 10 Persen

Saat memasuki hari kedua kegiatan, Sabtu, 23 November 2019 akan melaksanakan Lomba Hiking menuju Puncak Gunung Ranaka dimulai pukul 08.00–Selesai berlokasi di Desa Ranaka menuju puncak Gunung Ranaka.

Setelah itu, pada hari yang sama Sabtu, 23 November 2019 dilanjutkan dengan kegiatan Lomba Foto Ranaka, Lomba Cipta Lagu Ranaka, dan Pentas Seni, serta Pentas Budaya dimulai pukul 16.00 – Selesai bertempat di Mbaru Wunut-Ruteng.

Sementara Kostum yang akan dikenakan saat melaksanakan kegiatan kerja bakti sosial dan Hiking menggunakan pakaian Olahraga. Sedangkan pada saat kegiatan pentas seni dan budaya, peserta diminta mengenakan kain Songke.(*)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]