Home / News Flash / Dispenduk Kota Kupang Kekurangan Ribuan Blangko e-KTP

Dispenduk Kota Kupang Kekurangan Ribuan Blangko e-KTP

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang belum bisa melakukan pencetakan e-KTP.Karena hingga saat ini  Disdukcapil Kota Kupang mengalami kekurangan stok blanko. Walaupun demikian perekaman e-KTP tetap dilakukan bagi warga Kota Kupang.

“Kami masih kekuranga ribuan lebih blangko, Namun bukan berarti warga tidak bisa melakukan perekaman data untuk memperoleh Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk Elektronik, tetapi proses perekaman masih tetap berjalan hingga semua warga yang wajib KTP dapat memperoleh e-KTP,” kata Sekretaris Dispendukcapil Kota  Kupang,Hendrik Kaborang di Kantor DPRD Kota Kupang.

Kaborang mengatakan, kehabisan blangko ini bukan terjadi hanya  di Kota Kupang, namun secara nasional, sehingga masyarakat tidak perlu kwahtir karena pelayanan perekaman tetap berjalan. Karena warga yang sudah melakukan perekaman,dan prosesnya e-KTP belum bisa didapat cetak KTP-nya, akibat blankonya habis, namun warga masih bisa diberikan surta keterangan sebagai pengganti identitas dari Dispendukcapil.

Baca Juga :  Kapolda : Tilang Ditikungan Atau Tanpa Papan Itu Salah

“Surat keterangan yang diberikan ini sebagai pengganti KTP ini bisa digunakan untuk kepentingan kepengurusan apa saja yang dibutuhkan,sebab surat keterangan ini kekuatan hukumnya sama dengan KTP,”lanjut Kaborang.

Kaborang menjelaskan, redaksional dari surat keterangan tersebut perpedoman dari  surat yang diturunkan dari kementerian, sehingga surat keterangan bukan dibuat-buat oleh masing-masing Dipendukcapil yang ada didaerah, tetapi semua satu format. “Kekurang blangko ini sudah sejak akhir September 2016,karena minggu pertama masih dilayani,namun sejak minggu kedua belum bisa dicetak,” katanya.

Kaborang mengaku, sesuai data warga wajib e-KTP sebanyak 411 ribu 046,dan yang sudah dicetak E-KTP sebanyak 198 ribu 216,dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 219 ribu 402,dan yang belum sebanyak 191 ribu 644.

Baca Juga :  Polisi Dalami Kasus Pemerkosaan Didepan Suami Dan Anak

“Untuk mengatasi masalah kekurang blangko ini,kami telah mengirim staf untuk menyampaikan kekuarang tersebut,sesuai jumlah yang sudah melakukan perekaman,” ujarnya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]