Home / News Flash / Dishub Kupang Gelar Pemilihan Awak Angkutan Teladan

Dishub Kupang Gelar Pemilihan Awak Angkutan Teladan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Oelamasi, seputar-ntt.com –  Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman awak kendaraan di Kabupaten Kupang, sebanyak 40 orang pengguna kendaraan (supir) angkutan umum mengikuti pemilihan awak kendaraan umum teladan (AKUT) tingkat Kabupaten Kupang yang diselenggarakan Oleh Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Kupang, Selasa (26/8/2014).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd mewakili Bupati Kupang dan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kupang Oktory Gaspers.

Dalam sambutannya Sekda Paut menyambut positif kegiatan ini mengingat peran awak kendaraan sangat penting dalam kelancaran lalu lintas dan pelayanan transportasi kepada masyarakat di Kabupaten Kupang. Dikatakan, sejak ibu kota Kabupaten Kupang pindah ke Oelamasi tahun 2010 lalu, arus kendaraan yang melewati jalan Timor Raya di Kabupaten Kupang menjadi sangat padat.

Hal ini disebabkan Kabupaten Kupang merupakan transito antara Pemerintah Provinsi NTT dan negara Timor Leste sehingga menjadi perhatian pengemudi khususnya pengemudi kendaraan umum untuk selalu patuh dan taat aturan berlalu lintas sehingga meminimalisir lakalantas.

Baca Juga :  29.098 RTS Di Kabupaten Kupang Mulai Terima Raskin

“Kita semua bertanggung jawab menekan angka kecelakaan sehingga kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian penggunaan alat transportasi dapat ditekan,” ungkap Sekda Paut.

Dikatakan Paut, seringkali kecelakaan lalu lintas terjadi disebabkan oleh manusianya yang lalai dan tidak berhati-hati. Untuk itu melalui pemilihan awak kendaraan umum teladan hari ini didapat awak yang berprilaku  baik, sopan dalam berkendaraan, tidak ngebut-ngebut, tidak menyerobot sembarangan dan senantiasa mematuhi rambu-rambu sehingga menjadi sebuah motor keteladanan bagi masyarakat lainnya.

Diakhir sambutannya Sekda Paut berharap momentum pemilihan awak teladan menjadi sebuah upaya nyata bersama dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan berlalu lintas bagi semua masyarakat di Kabupaten Kupang.

“Dipundak adik-adik dititipkan nama baik kabupaten Kupang, jadilah awak teladan kabupaten Kupang dilingkungan saudara bahkan bagi yang terpilih ke tingkat Provinsi jadilah duta kendaraan yang menjadi teladan,” ungkap Paut.

Baca Juga :  Walikota Lakukan Peletakan Batu Pertama Renovasi Masjid Berusia Satu Abad di Kupang

Ketua panitia penyelenggaraan pemilihan awak kendaraan umum teladan Kabupaten Kupang yang juga merupakan Kadis Perhubungan dan Informatika Kabupaten Kupang Thomas Sonbait dalam laporannya mengatakan, dari 40 peserta pemilihan, peringkat 1-3 akan mewakili Kabupaten Kupang di pemilihan Awak kendaraan umum tingkat Provinsi NTT untuk selanjutnya mewakili NTT di tingkat Nasional.

Sonbait mengaku, kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam mendukung pembangunan masyarakat untuk sadar berlalu lintas. Untuk itu dirinya berharap melalui kegiatan ini para peserta dapat menjadi penerus pesan kesadaran berlalu lintas yang baik kepada masyarakat.

Terkait dengan kriteria awak teladan dirinya menyampaikan haruslah seorang pengendara yang mempunyai SIM dan berpengalaman mengemudi kendaraan umum minimal 2 tahun, memiliki citra baik selama mengemudi-menaikann dan menurunkan penumpang. (sho)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]