Home / Seputar NTT / Dimonim Air Diharapkan Wujudkan Mimpi Gubernur Soal Ring Off Beauty NTT

Dimonim Air Diharapkan Wujudkan Mimpi Gubernur Soal Ring Off Beauty NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Kehadiran Maskapai Dimonim Air yang melayani rute penerbangan di NTT diharapkan mampu mewujudkan mimpi Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam mengembangkan Pariwisata sebagai Prime Mover pembangunan di NTT.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan NTT, Isyak Nuka, saat memberikan sambutan dalam acara seremoni terbang perdana pesawat Dimonim Air di Concordia Bandara El Tari Kupang, Jumat, (7/2/2020).

“Kami berharap supaya mimpi bapak gubernur bisa terwujud dalam menghubungkan derah pariwisata di NTT atau ring off beauty atau yang sering juga disebut cincin pariwisata NTT. Kehadiran Dimonim Air sebagai penerbangan perintis diharapkan mampu merambah wilayah-wilayah yang punya potensi pariwisata tapi tidak ditunjang oleh panjang landasan bandara yang memadai,” katanya.

Isyak Nuka mengatakan, kehadiran Dimonim Air di NTT bisa membawa spirit baru bagi pembangunan diwilayah kepulauan tersebut. Dia juga berharap Dimonim tidak hanya memikirkan keuntungan semata tapi juga datang dengan semangat melayani. “Sebagai anak NTT yang punya ini Pesawat maka saya harap Pak Vico Amalo bersama tim harus hadir melayani sesama saudara di NTT dengan hati,” pintanya.

Sementara Direktur PT Marta Buana Abadi, Vicoas TB Amalo menjelaskan Dimonim Air dibawah naungan PT Marta Buana Abadi memenangkan tender KPA Waingapu pada tahun 2020. Dengan demikian Dimonim Air secara resmi masuk dan melayani sejumlah rute di Provinsi NTT baik rute yang mendapatkan subsidi maupun  rute komersil.

Baca Juga :  Kuota BBM Untuk Lembata Dikurangi, Nae Soi Telepon Kasabandar Larantuka

“Saya ini anak NTT yang lahir dan besar di luar. Selama ini kami melayani penerbangan di Papua. Kami juga masuk ke wilayah Kalimantan dan Maluku. Puji Tuhan, tahun 2020 atas kerjasama semua tim maka kami memenangkan tender KPA Waingapu. Dengan demikian maka kami masuk melayani sejumlah rute penerbangan di Nusa Tenggara Timur. Hari ini kita terbang perdana ke Sabu Raijua dan Waingapu,” kata Vico Amalo.

Vico Amalo menjelaskan Dimonim Air dibawah PT Marta Buana Abadi sudah mengantongi Air Operater Certificate dengan nomer 049 di Kementerian Perhubungan. Dia menjelaskan, rute penerbangan yang mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat adalah Sabu-Waingu pulang-pergi , Sabu-Ende pulang-pergi, Kupang-Ruteng dan kupang kisar. Sementara Rute Kupang Sabu dilayani dengan harga komersil.

“Saat kami sedang tender di Kementerian Perhubungan kami berkenalan dengan Pak Yohanis Uli Kale dan juga bapak Bupati Sabu Raijua. Disitu kami mendengar keluhan orang dari Sabu bahwa selama ini hanya satu pesawat yang melayani daerah itu. Seperti gayung bersambut maka kami hadir untuk menjawab keluhan masyarakat Sabu. Saya pernah bawa pesawat sendiri ke Sabu hanya untuk melihat Kelaba Maja waktu lalu. Nah sekarang kita sudah bisa melayani Sabu Raijua yang punya tempat yang indah-indah,” kata Vico.

Baca Juga :  Demokrat NTT Gelar Natal Bersama di Panti Asuhan

Pada kesempatan tersebut, Vico Amalo juga mengharapkan dukungan semua masyarakat NTT terutama wilayah yang dilayani Dimonim Air. “Tadi dalam diskusi juga Pak Kadis Perhubungan NTT meminta untuk layani Kupang-Pantar. Kami harap kalau memang ada wilayah-wilayah yang bisa kita masuk maka kami terbuka untuk diskusi lebih jauh,” pungkas  Vico Amalo.

Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke yang juga hadir pada kesempatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Dimonim Air adalah mimpi dari masyarakat Sabu Raijua yang selalu sulit dengan transportasi pada saat cuaca buruk. Kehadiran Dimonim air kata Nikodemus diharapkan bisa menolong masyarakat Sabu Raijua ketika dalam kondisi sakit maupun kedukaan.

“Ini adalah mimpi masyarakat Sabu Raijua. Ketika Sakit maupun mengalami duka maka sudah ada satu lagi transportasi udara yakni Dimonim Air. Selama ini kami hanya bergantung pada pesawat susi air dengan sit yang terbatas dan frekuensi penerbangan. Terimakasih kepada pak Vico dan tim” ungkap Nikodemus.

Acara seremoni terbang perdana Dimonim Air juga didahului dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh pendeta Mel Atok. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Angkasapura, Danlanud Penfui Kupang, Danlantamal Kupang dan sejumlah pengusaha di Kupang. (joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]