Home / Seputar NTT / De Porres : Bangun Abal Itu Gampang-Gampang Sulit

De Porres : Bangun Abal Itu Gampang-Gampang Sulit

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Camat Alor Barat Laut (ABAL) yang baru dilantik, Martinus De Porres Djeo, S.IP menyebut, sepintas dirinya mengamati, dalam membangun ABAL itu gampang-gampang sulit.

Pasalnya, telah banyak yang telah diperbuat oleh camat-camat sebelumnya, sehingga untuk mempertahankan keberhasilan yang ada bukan sebuah perkara muda.

Kendati demikian, Martinus meyakini, jika didukung dengan kerjasama yang baik dari semua pihak maka ia yakin berbagai kegiatan akan berhasil.

“Sumber Daya Manusia wilayah ini sangat luar biasa, demikian juga sumber daya alamnya dari dasar laut sampai puncak gunung sangat kaya hasilnya. Namun masih ada potensi yang dibiarkan tidur. Untuk itu saya ajak kita sama-sama membangunkannya,” ujar De Porres pada acara serah terima jabatan Camat Abal, Rabu, 6/1/2021 pagi.

Dikatakannya, dengan segala potensi yang dimiliki, salah satu prioritas utama dimasa kepemimpinannya adalah menjadikan Abal sebagai Kecamatan Pariwisata.

“Semua sumber daya sudah siap termasuk mempersiapkan sumber daya manusia. Kami juga membuka ruang bagi semua orang untuk berinvestasi di Abal. Memang kita dimasa pandemi, tetapi pengembangan sektor ini harus terus kita dorong,” ujarnya sembari berharap agar infrastruktur jalan provinsi yang menghubungkan Kalabahi dan ibu kota kecamatan segera dikerjakan sesuai janji pemprov.

De Porres juga menyadiri jika banyak masyarakat di wilayah Abal yang belum mengenal dirinya, namun sesungguhnya ia dan keluarganya menganggap wilayah ABAL bukan tempat baru.

“Ketika saya ditunjuk menjadi Camat ABAL, maka saya menganggap pulang ke rumah sendiri. Karena bukan pelayanan saja kami hadir di sini, tetapi istri saya merupakan bagian dari anggota keluarga dari suku di desa Alor Kecil dan Harilolong,” ungkapnya

Oleh karena itu, De Porres minta kepada masyarakat dan leluhur untuk memberikan dukungan, bimbingan dan doa kepadanya agar berbagai kegiatan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan dapat berhasil.

Sementara itu Camat sebelumnya, Debrina Lelang minta kepada semua pihak di kecamatan tersebut untuk memberikan dukungan penuh kepada Camat baru dalam mengemban tugasnya.

Wanita yang dijuluki srikandi Abal ini pun tidak lupa memohon maaf kepada semua pihak di kecamatan tersebut, karena selama dirinya melaksanakan tugas sebagai Camat ABAL selama 2,4 tahun mungkin ada hal-hal yang menyinggung perasaan masyarakat.

“Saya terkadang terlalu keras atau kasar apabila ada masalah. Namun itu untuk kebaikan kita bersama. Untuk itu saya mohon maaf, dan izinkanlah saya sebagai ASN untuk melaksanakan tugas di tempat lain lagi,” tandas Debrina yang belum lama ini dilantik Bupati Alor menjadi Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Alor.

Berkaitan dengan sertijab tersebut, Asisten I Setda Alor, Fredik Lahal dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Camat lama dan menyampaikan selamat kepada Camat baru yang segera melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, Camat yang baru memang terkesan orang yang tidak banyak bicara dan sederhana, namun memiliki sikap ketegasan serta memiliki jiwa dan ilmu kepemimpinan yang tinggi, sebab Ia adalah seorang Pamong Praja yang berasal dari sekolah pemerintahan.

“Saya minta Kepala Desa untuk mendukung Camat yang baru. Apa yang sudah diletakkan Ibu Debrina dapat dilanjutkan dan ditingkatkan,” pungkas Fredik Lahal yang juga pernah menjabat Camat Abal ini. (*Pepenk/Tim)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]