Dapat Pamsimas, Masyarakat Desa Tengku Leda Tak Lagi Kesulitan Air

Tanggal Terbit : January 17, 2020 | Kesehatan
Share Button

Borong, seputar-ntt.com – Program Penyediaan Air Minum Bersih dan Sanitasi Bagi Masyarakat Pedesaan (PAMSIMAS) merupakan salah satu program andalan pemerintah pusat dalam penyediaan air minum bersih bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Sejak program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008 hingga akhir tahun 2019, telah menunjukkan adanya dampak positif bagi masyarakat desa. Sebagai program stimulan dengan pendekatan berbasis masyarakat, program Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan.

Desa Tengku Leda merupakan salah satu desa di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur yang mendapatkan program Pamsimas III tahun 2019. Atas kerja sama berbagai pihak, program tersebut telah selesai dilaksanakan dan manfaat dari program tersebut sudah dirasakan oleh masyarakat.

Penyerahan secara resmi yang digelar di Dusun Golo Waso, Desa Tengku Leda, Kecamatan Lamba Leda – Kabupaten Manggarai Timur ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan dokumen, Kamis, (16/01/2020).

Kepala Desa Tengku Leda Abdul Fata dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih sekaligus ucapan syukur kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Camat Lamba Leda dan rekan pendamping program.

“Saya atas nama Kepala Desa Tengku Leda merasa bangga dan mengucap syukur kepada Pemerintah Daerah, Bapak Camat Lamba Leda dan juga rekan-rekan fasilitator program yang telah bergandengan tangan demi terwujudnya program Pamsimas”, ungkap Abdul Fata.

Baca Juga :  Dinkes Manggarai Targetkan 2020 Bebas Filariasis

Ia juga mengajak semua pihak terkhusus masyarakat penerima manfaat agar bisa merawat dan menjaga fasilitas yang sudah diberi oleh Pemerintah.

“Harapannya, jangan kita semangat hari ini hanya untuk memancing dana pemerintah. Mari kita dukung program ini karena manfaatnya untuk kita semua”, ucapnya berharap.

Masih dalam sambutannya, Kades Tengku Leda dua periode itu menegaskan kepada masyarakat desa Tengku Leda untuk menjaga kebersihan lingkungan wajib membuat WC setiap rumah.

Lebih lanjut, Camat Lamba Leda Albertus Rangkak mengucapkan terima kasih atas kehadiran program Pamsimas yang telah membantu pemenuhan kebutuhan air minum bersih bagi masyarakat miskin di pedesaan.

“Kami tentunya bersyukur dengan kehadiran Pamsimas di Kecamatan Lamba Leda. Harapannya, kehadiran Pamsimas ini akan meningkatkan akses layanan air minum bersih bagi masyarakat miskin di pedesaan”, ungkap Camat Albert.

Dirinya pun berharap, masyarakat Dusun Golo Waso dan sekitarnya bisa menjaga jaringan perpipaan dari mata air sampai pada titik kran air.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Kelompok Kewaspadaan Masyarakat (KKM) Golo Waso Paulus Manurung menyampaikan laporan tentang pelaksanaan program Pamsimas III tahun anggaran 2019.

Baca Juga :  Wellem Kale : Manejemen RSUD W.Z Johanes Stop Urus Proyek

Pelaksanaan kegiatan:
Alokasi dana untuk Desa Tengku Leda yang bersumber dari APBN sebesar Rp 245.000.000 (Dua ratus empat puluh lima juta rupiah), kontribusi masyarakat desa Rp 14.000.000 (Empat belas juta rupiah), swadaya tenaga sebesar Rp 56.000.000 (Lima puluh enam juta rupiah), APBDes sebesar Rp 35.000.000 (Tiga puluh lima juta rupiah).

Total pagu dana kegiatan Pamsimas di Desa Tengku Leda sebesar Rp 350.000.000 (Tiga ratus lima puluh juta rupiah).

Realisasi kegiatan fisik:
1. Pembangunan 1 unit bak penangkap mata air
2. Rehab 1 unit bak pengumpul di mata air
3. Pembangunan 1 unit reserver atau bak penampung dengan ukuran 3×4 meter.
4. Pemasangan jaringan perpipaan sepanjang 4.075 meter.
5. Pekerjaan sambungan halaman rumah 4 unit

Kegiatan non fisik:
-Pelatihan KKM dan masyarakat
-Pelatihan prilaku hidup sehat
-Pelatihan KPSPAMS

Acara serah terima tersebut dihadiri oleh Tim fasilitator, perwakilan Bappeda, Camat Lamba Leda Albertus Rangkak, Sekcam Lamba Leda Agus Supratman, unsur TNI/POLRI, Kepala Desa Tengku Leda Abdul Fata dan jajaran, serta tokoh masyarakat. (Fidel Sanath)

Komentar Anda?