Home / Kesehatan / Cegah Corona, Ditpolairud Mabes Polri Lakukan Bintibluh Di Pelabuhan Kalabahi

Cegah Corona, Ditpolairud Mabes Polri Lakukan Bintibluh Di Pelabuhan Kalabahi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di Indonesia, pemerintah pusat, provinsi kabupaten, lembaga ataupun institusi lainnya terus melakukan berbagai langkah antisipasi ke masyarakat.

Direktorat Polairud Baharkam Polri melakukan pembinaan, penertiban serta penyuluhan (Bintibluh) kepada masyarakat pesisir Desa Adang Buom dan Kelurahan Binongko, pengguna jasa perairan di Pelabuhan Kalabahi, Senin, 23/3/2020 pagi.

Kepada media, Komandan Kapal Patroli Gelatik-5016, AKP. Murti Rahmawan, S.Sos mengatakan, kegiatan bantibluh ini merupakan tindak lanjut maklumat Kapolri Nomor: MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020, tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19.

“Kita semua punya tanggung jawab agar penyebarannya tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban di masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Murti, upaya pencegahan penyebaran virus corona yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Rajin olah raga, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas dengan hand sanitizer serta banyak makan buah dan sayur-sayuran serta mengolah bahan makanan hingga matang,” katanya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat menghindari dan berada di tempat keramaian dan kerumunan orang banyak dengan menjaga jarak minimal 1 meter, dan membiasakan salam tanpa kontak fisik langsung.

“Dirumah saja lebih baik jika tidak ada kegiatan diluar rumah. Perjalanan, apabila tidak diperlukan dan segera laporkan apabila tiba dari endemik virus corona,” himbau Murti Rahman.

Pria murah senyum ini juga tidak lupa menyarankan, jika seseorang mengalami gejala flu seperti batuk, demam, pilek, sesak napas dalam jangka waktu 2 minggu terakhir agar segera memerikas ke dokter atau puskesmas terdekat.

“Pastikan penyebabnya sehingga bisa diberikan penanganan yang lebih tepat. Satu hal yang penting juga adalah jangan panik dan tetap waspada,” harap AKP. Murti Rahmawan, S.Sos.

Selain bintibluh, pihaknya juga melakukan penyuluhan di laut dengan cara berkeliling menggunakan sea rider dan pengeras suara, serta menyebarkan selebaran kepada masyarakat dan kapal-kapal.

Turut hadir pada kegiatan ini, anggota KP Gelatik-5016, Satpolairud Res Alor, Anggota Kodim 1622/Alor, Pos Angkatan Laut Alor serta Kantor Kesehatan (KKP) Alor. (*Pepenk).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]