Home / Seputar NTT / Bupati Alor Serahkan 20 Unit Perahu Motor Fiber Glass Kepada Nelayan

Bupati Alor Serahkan 20 Unit Perahu Motor Fiber Glass Kepada Nelayan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Bupati Alor, Drs. Amon Djobo menyerahkan 20 unit perahu motor fiber glass secara simbolis kepada kelompok nelayan yang tersebar di beberapa Kecamatan, berlokasi di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kamis, 23/7/2020 pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Amon mengatakan, bantuan ini merupakan upaya strategis dalam menopang pelaksanaan kegiatan empat pilar Program Gemma Mandiri yang dicanangkan Pemda di bidang kelautan dan perikanan menuju terwujudnya Alor Kenyang, Alor Sehat, Alor Pintar.

“Sebagai Kepala Daerah, saya menyambut baik pelaksanaan bantuan ini sebagai stimulan upaya mengoptimalkan pemanfaatan stok sumber daya kelautan dan perikanan kita, guna memajukan usaha penangkapan ikan oleh masyarakat nelayan,” ujar Mantan Asisten III ini.

Djobo menjelaskan, potensi perairan laut Alor berjumlah 10.773,62 KM dengan potensi sumber daya ikan mencapai 164.604,40 ton/tahun.

“Tingkat pemanfaatannya baru sekitar 18.414 ton/tahun. Dengan demikian, stok ikan yang belum kita manfaatkan masih sangat besar yakni sebesar 146,140,4 ton/tahun,” ungkapnya.

Lanjutnya, luas perairan laut kita sebagaimana diatas, tentu memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat tinggi dan beragam jenisnya.

“Ini merupakan anugerahkan Tuhan yang patut disyukuri dengan cara memanfaatkan secara bijak dan lestari sehingga dapat dirasakan manfaatnya sampai kepada anak cucu kita,” tegas Amon.

Kepada para nelayan, Bupati dua periode ini berharap agar bantuan yang diterimanya dapat dipergunakan sebaik mungkin sesuai peruntukannya.

“Semoga bantuan ini dapat memacu laju pertumbuhan pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan kita, yang pada akhirnya nanti mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat nelayan, ” tandas Amon Djobo.

Untuk diketahui, perahu motor fiber glass ini diserahkan untuk 20 Kelompok Usaha Bersama (KUB), berukuran 1 GT lengkap dengan peralatan tangkap. (*Pepenk).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]