Home / Seputar NTT / Bripka Fakhrudin Ajak Warga Dulolong Bersihkan Material Akibat Longsor

Bripka Fakhrudin Ajak Warga Dulolong Bersihkan Material Akibat Longsor

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Bripka Fakhrudin Dasing, anggota Polisi Resort (Polres) Alor mengajak warga Desa Dulolong Kecamatan Alor Barat Laut membersihkan material yang menutupi seluruh badan jalan akibat longsor.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu (4/4/2021) tersebut, menyebabkan jalur transportasi dari dan ke Kecamatan Alor Barat Laut (Abal) lumpuh total.

Menurut Bripka Fakrudin yang sementara bertugas di Polsek Alor Barat Daya (Abad), tindakan ini dilakukan secara spontanitas sebab jalur ini merupakan satu-satunya poros segala aktifitas masyarakat di kecamatan tertua di Alor ini.

“Saya sebenarnya mau berangkat tugas, namun karena kondisi jalan yang begitu parah tertimbun material longsor, saya lalu mengajak semua pemuda bergotong royong membersihkan bebatuan dengan peralatan seadanya,” ujarnya.

Selain itu kata Dasing, tindakan ini dilakukannya karena ia merasa prihatin dengan para pedagang kaki lima yang hendak menjual hasilnya ke pasar di Kalabahi.

“Mobil angkutan tidak bisa lewat maka secara otomatis akan berdampak pada biaya transportasi. Dari arah kokar, para pedagang harus memikul barang jualan mereka melewati tumpukan material lalu berganti mobil untuk bisa sampai ke Kalabahi. Kalau mereka dengan jasa ojek maka biayanya membengkak. Hal ini yang membuat saya bersama para pemuda merasa perlu untuk membersihkan jalan tersebut,” ungkap pria yang akrab disapa Banta ini.

Dirinya juga menyampaikan, selama proses pembersihan, tidak ada pemuda dan warga yang meminta sumbangan kepada seluruh pengguna jalan yang melintasi jalur tersebut.

“Semua orang merasakan dampak dari musibah ini sehingga kita harus saling menolong dan bergotong royong sesuai dengan kemampuan kita masing-masing,” tegas Fakhrudin Dasing.

Ditempat terpisah, Ketua Pemuda Dulolong, Oyang Abdul Halim mengapresiasi tindakan yang dilakukan Bripka Fakhrudin bersama pemuda Dulolong.

“Dengan inisiatif dari mereka semua, jalur ini sudah bisa dilalui oleh kenderaan baik roda dua dan roda empat, walaupun masih ada sisa tumpukan material yang berada dibahu jalan. Semoga ini menjadi perhatian kita semua,” ucap Oyang.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu selama proses pembersihan material berlangsung.

“Semoga Allah membalas semua kebaikannya dan kita berharap musibah ini secepatnya berlalu, aktifitas dan roda perekonomian khususnya wilayah Abal dapat berjalan seperti biasanya,” pungkas Oyang Abdul Halim (*Pepenk).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]