Home / Seputar NTT / Breaking News : Dua Kali Gempa Tektonik Guncang Alor

Breaking News : Dua Kali Gempa Tektonik Guncang Alor

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kalabahi, seputar-ntt.com – Dua kali gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Alor tepat pukul
18:18:54 WITA dengan kekuatan M=3.8 dan pukul 20:43:28 WITA berkekuatan M=3.6

“Episenter keduanya terletak pada koordinat 8.31 LS dan 125.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 58 km Tenggara Kabupaten Alor dengan kedalaman 10 km, serta pada koordinat 8.40 LS dan 124.92 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km Tenggara Alor dengan kedalaman 35 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Alor Sumawan, ST. MM melalui pesan Whatsapp kepada media, Senin, 16/3/2020 malam.

Dikatakannya, Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kecamatan Alor Selatan III MMI dan Kalabahi II MMI.

Baca Juga :  1.304 Mahasiswa UMK Ikut Pengenalan Kehidupan Kampus

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Menurut Sumawan, Hingga pukul 21:15 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg),” pungkasnya. (*Pepenk).

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]