Home / Seputar NTT / BPBD Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

BPBD Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com–Bertempat di Pantai Lasiana Kota Kupang, Jumat (26/4/2019) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi gelar Simulasi Penanggulangan bencana, dengan melibatkan masyarakat sekitar dan kaum disabilitas.

Stimulasi penanggulangan bencana ini, juga dilakukan secara serentak, baik di kabupaten/kota di NTT maupun di wilayah lainnya di Indonesia, dengan target sebanyak 57 Juta orang.

“Untuk NTT kita juga melibatkan dunia usaha dan masyarakat, sesuai himbauan Gubernur NTT melalui Wakil Gubernur agar seluruh stakeholder terutama sekolah, perusahaan swasta, instansi vertikal, TNI/Polri melakukan evakuasi mandiri,” tandas Kepala BPBD Provinsi NTT, Thomas Bangke yang ditemui disela-sela kegiatan simulasi.

Edukasi Evakuasj Mandiri ini, jelas Thomas, agar masyarakat baik di komunitas maupun lembaga formal dan non formal bisa menyelamatkan diri sebelum tim evakuasi turun.

Baca Juga :  Mayat Bayi Baru Lahir Dibuang Dekat Mako Polres TTS

“Hal ini dilakukan karena sesuai fakta bencana yang terjadi dimana-mana, terutama di Lombok, Palu dan Banten kurang melakukan edukasi ke masyarakat tentang evakuasi mandiri seperti ini, sehingga tahun ini fokus pada evakuasi mandiri tanpa rekayasa,” ungkap Thomas.

Menurut Thomas, pihaknya ingin melihat respon masyarakat, sampai sejauh mana mereka menyadari ketika betul-betul terjadi bencana, atau mereka hanya menunggu bantuan evakuasi dari pihak pemerintah,” tandasnya. (ira)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]