Home / Editorial / Bola Panas Gerindra di Pilkada Kota Kupang

Bola Panas Gerindra di Pilkada Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Partai Gerindra telah menetapkan pilihan di Pilkada Kota Kupang. Partai besutan Prabowo Subianto ini memberikan dukungan kepada pasangan Jefry Riwu Kore – Herman Man (FirmanMu). Dukungan tersebut ditandai dengan penyerahan SK dari DPP gerindra kepada Paket FirmanMu pada Senin, (19/9/2016) di Kupang.

Keputusan Gerindra mendukung FirmanMu membuat gaduh kader berlambang burung Garuda tersebut. Tak cuma kader tapi simpatisan bahkan masyarakat umumpun bereaksi. Yang paling kasat mata adalah rekasi di Media Sosial. Pemberontakan hingga Fitnah berseliweran di dunia maya. Banyak akun palsu yang bermain di air keruh dan berusaha mengadu domba kader Gerindra dengan berbagai alasan.

Keputusan DPP Gerindra untuk Pilkada Kota Kupang juga bisa jadi sebagai ujian loyalitas bagi para kader partai seberapa setia mereka pada partai tanpa menempatkan kepentingan pribadi diatas segalanya. Bagi mereka yang sekedar simpatisan dan bukan kader bisa saja mengeluarkan sumpah sarapah lantara keinginan mereka tidak sama dengan apa yang diputuskan partai. Mereka bebas mengumpat, toh mereka hanya simpatisan yang tidak terikat dalam aturan partai.

Salah satu pasangan calon yang tidak menerima keputusan Gerindra adalah pasangan Yovita Mitak dan Melitus Ataupah. Mereka kecewa karna informasi yang diterima hingga hari H penyerahan SK DPP, Gerindra memihak dan memilih mereka. Terlepas bahwa ada oknum yang bermain hingga SK itu jatuh ke Firmanmu, sekali lagi wajib hukumnya bagi kader untuk taat pada perintah partai. Partai sebesar Gerindra tentu tidak telah melakukan berbagai kajian yang menguntungkan partai sampai akhirnya menerbitkan SK.

Baca Juga :  OPINI : Partai Politik dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

Dalam jumpa pers yang mereka lakukan, Yovita Mitak dan Melitus Ataupah telah bersepakat akan pergi bertemu Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Mereka berharap setelah bertemu ketua umum, SK Gerindra bisa dianulir dan menjadi milik mereka sebagai tiket di Pilkada Kota Kupang. Pada posisi ini tentu Gerindra yang akan di soroti. Seperti memakan buah simalakama. Jika SK dianulir pasti pendukung FirmanMu akan menilai negatif terhadap Gerindra. Pada tataran ini sekali lagi ada orang yang akan diuntungkan dengan hiruk-pikuknya SK Gerindra.

Salah satu Kader Gerindra, Viktor Lerik menanggapi dingin keputusan Gerindra. Sebagai Kader dia “Nampaknya” menerima apa yang menjadi kehendak partai, namun dalam jawabannya di beberap komentar pada media sosial FB justru tidak menenangkan situasi yang panas. Itu bisa dimaklumi, tak ada orang yang mampu secara paripurna menyembuhkan luka hati dan mengobati kekecewaan hanya dalam sekejab. Kita berharap Veky Lerik yang juga anggota DPRD NTT tersebut bisa menjadi Politisi yang mampu menentramkan karna pendukungnya di Kota Kupang boleh dibilang tidak sedikit.

Yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai banyaknya teori sesat dari lawan politik lalu terbawa arus untuk menjadi pemberontak. Lebih baik bersahabat dengan anak macan daripada bermusuhan dengan serigala berbulu domba yang kita tidak tahu kapan dia akan menggigit. Sekali lagi ini adalah ujian berat bagi kader partai. Hanya mereka yang memiliki kebesaran jiwa yang mampu menahan dan melewati ujian ini.

Baca Juga :  Worldlessness dan Masalah Terorisme di Indonesia

Beda dengan pasangan Isodorus Lilidjawa yang sepertinya diam tanpa respon ketika putusan partai telah dijatuhkan. Sekalipun digadang-gadang sebagai kuda hitam namun kader yang berpasangan dengan Lay Djaranjoera ini tetap kalem. Yang diharapkan oleh partai bagi kader adalah mentaati setiap perintah tanpa melawan apalagi berkhianat.

Ditengah hiruk-pikuk pendapat t yang sedang menggelinding bebas, Sekertaris DPD Gerindra NTT, Gabriel Beri Bina bahkan secara tegas mengatakan Gerindra telah mendukung FirmanMU dan akan mengawal sampai menang. Jika Tuhan berkenan dan rakyat kota Kupang memberi kepercayaan pada paket FirmanMu, maka  Gerindra juga akan mengawal supaya pemerintahan itu dapat berjalan baik.

“Dari lima bakal calon yang melamar ke Gerindra semuanya mempunyai kompetensi masing-masing sehingga mulai dari tingkat DPC merasa bahwa akan sulit bagi DPP untuk mengambil keputusan, karena semua pasangan calon yang melamar ke gerindra mempunyai kelebihan masing-masing tapi pada akhirnya partai telah memutuskan untuk mendukung FirmanMu,” tegas wakil ketua DPRD Provinsi ini.

Jerfy Riwu Kore yang menerima SK Gerindra tidak memberi reaksi berlebihan kecuali ucapan terimakasih.  “Saya mengucap terima kasih kepada seluruh pengurus gerindra, mulai dari DPP, DPD dan DPC. Ini sebuah tangungjawab besar bagi kami untuk menata kota, memperjuangkan hak-hak masyarakat yang tidak beruntung dan terpingirkan. Untuk itu saya minta dukungan dari semua pengurus untuk bersama-sama Firmanmu berjuang untuk rakyat Kota Kupang,” kata Jefry Riwu Kore di Kelurahan Kolhua, Minggu (18/9/2016). (jrg)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]