Home / Seputar NTT / Bertemu Masyarakat Kemala Putih, Viktor Laiskodat Bicara Keberagaman

Bertemu Masyarakat Kemala Putih, Viktor Laiskodat Bicara Keberagaman

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Waingapu, seputar-ntt.com – Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, keberagaman yang diberikan oleh Tuhan bagi masyarakat Indonesia adalah sebuah keindahan yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Oleh sebab itu, ketika ada pihak yang ingin menghancurkan keberagaman yang ada di Indonesia dan NTT khususnya maka Viktor Laiskodat siap berada paling depan untuk menentangnya.

Hal ini disampaikan Viktor Laiskodat saat bertemu dengan masyarakat di Kelurahan Kemala Putih, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Munggu, (8/4/2018).

“Tuhan menciptakan kita berbeda-beda dan disitulah keindahan hidup yang luar biasa. Siapapun anak Indonesia tidak boleh takut untuk hidup di NKRI dan memiliki tanggungjawab untuk menjaga keberagaman yang ada. Kalau ada pihak yang mencoba untuk menghancurkan keberagaman itu maka saya akan ada paling depan untuk menetang itu,” kata Laiskodat.

Masyarakat Kamala putih mayoritas berasal dari luar NTT seperti Bima, Jawa dan Madura yang telah menjadi penduduk Sumba Timur. Dihadapan mereka Viktor Laiskodat mengatakan untuk tidak boleh takut untuk hidup dimanapun sepanjang itu adalah NKRI. Setiap anak bangsa katanya memiliki hak yang sama untuk hidup dimanapun diwilayah Indonesia itu. Dia juga meminta untuk jidup berdampingan dan menjaga keberagaman yang ada sebab perbedaan adalah sebuah keindahan yang dikaruniakan Tuhan bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Beri Apresiasi Pencapaian BI NTT

“Tidak enak kalau kita hidup hanya satu golongan saja, atau suku saja. Kita hidup berbeda untuk saling menopang dan melengkapi. Gunakanlah perbedaan yang ada untuk bersaing dalam hal-hal yang positif dan jangan pernah memberikan celah sedikitpun bagi siapa saja yang ingin merongrong dan menghancurkan perbedaan yang ada di Indonesia. Dalam hidup ini kita tidak bisa sendiri tapi membutuhkan orang lain,” kata Viktor Laiskodat.

Pada kesempatan tersebut Viktor Laiskodat juga mengungkapkan tentang kriteria seorang pemimpin. Kriteria pertama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah memiliki kekuatan spiritual. “Pemimpin harus kuat terhadap berbagai godaan dan dia harus membentengi diri dengan kekuatan spriritual yang tinggi. Tanpa itu, pemimpin akan mudah tergoda dan jatuh dalam berbagai cobaan,” kata Viktor.

Kriteria kedua bagi seorang pemimpin ungkap Viktor Laiskodat adalah harus cerdas. Tanpa kecerdasan yang cukup maka mustahil seorang pemimpin mampu membawa sebuah perubahan. ” Pemimpin itu adalah tempat berkeluh kesah jutaan rakyat dengan berbagai persoalannya. Jika pemimpin tidak cerdas maka mimpi masyarakat untuk sebuah perubahan hanyalah mimpi belaka,” ujar Viktor.

Baca Juga :  Layani Akta Kelahiran, Dipenduk Lembata Masuk Kampung

Viktor Laiskodat melanjutkan, kriteria ketiga bagi seorang pemimpin harus sehat secara rohani dan jasmani. Dengan kondisi wilayah NTT yang luas dan terdiri dari kepulauan, membutuhkan seorang pemimpin yang kuat secara jasmani. “Kalau pemimpinnya tidak sehat bagaimana dia bisa masuk keluar desa untuk melihat kondisi masyarakat,” tambah Viktor.

Kriteria yang keempat jelas Viktor adalah seorang pemimpin harus bisa dipercaya dan memiliki koneksi yang luas. Seorang pemimpin harus dipercaya tidak saja oleh rakyat yang memberi legitimasi saat Pilgub tapi juga kepercayaan dari Pemerintah pusat maupun para investor. Pemimpin juga harus memiliki koneksi yang kuat secara nasional maupun internasional sehingga mampu mendatangkan unvestor dalam membangun NTT.

“Jika seorang pemimpin tidak dipercaya maka bagimana dia bisa mendatangkan anggaran bagi daerah yang sudah sulit ini. Dan kalau pemimpin tidak punya koneksi maka jangan berharap mampu melakukan percepatan pembangunan. Untuk itu, saya menunggu bapak ibu di Belu apakah memberi kepercayaan pada saya dan pak Josef pada tanggal 27 Juni nanti untuk memimpun daerah ini,” tutup Viktor. (joey rihi ga)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]