Home / News Flash / Bermodal E-KTP Warga Kota Berobat Gratis di RSU S.K. Lerik

Bermodal E-KTP Warga Kota Berobat Gratis di RSU S.K. Lerik

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Kupang, seputar-ntt.com – Rencana Pemerintah Kota Kupang untuk mempermudah masyarakat Kota Kupang dalam mendapatkan pelayanan  kesehatan secara muda dan praktis hanya dengan sistim  pengobatan gratis menggunakan KTP Elektronik (e-KTP) pada tahun 2017 mendatang, mendapat dukungan dari pihak RSUD S,K. Lerik.

Direktur RSU, S.K. Lerik, Dr. Marsiana Halek kepada wartawan  di diruangkerjanya, Jumat (2/9),mengatakan Rumah Sakit Umum (RSU) S,K. Lerik, meruapakan rumah sakit kota,maka tentunya akan siap melaksanakan pelayanan kesehatan gratis.

“Kami sangat siap memberikan pelayanan  kesehatan dengan sistim e-KTP bagi warga yang membutuhkan  secara gratis,” katanya.

Halek mengatakan, secara umum, kesiapan pihak Rumah Sakit, baik itu dari tenaga medis seperti perawat, Dokter. Hanya saja, sejumlah fasilitas perlu disiapkan karena pelayan menggunakan e-KTP tentu lebih banyak pasien jika dibandingkan menggunakan BPJS, atau Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“kalau Menggunakan KTP jelas pasien akan lebih banyak. Tapi kalau masyarakat mau berobat melewati jenjang seperti pengobatan awal dilakukan pada puskesmas terlebih dahulu baru kemudian dilanjut RSU setelah pihak puskesmas tidak bisa menangani, saya yakin peralatan yang ada saat ini sudah dangat memadai untuk melayani masyarakat Kota Kupang, secara gratis,” katanya.

Menyangkut anggran awal anggaran awal disiapkan oleh pemerintah Kupang, sebesar Rp. 20 miliar, menurut Halek, anggaran tersebut sudah bisa mencukupi untuk setahun anggaran, karena sudah ada beberapa kartu kesehatan seperti BPJS, Kartu Indonesia Sehat (KIS), sehingga tidak mungkin pemegang KPT Kota Kupang yang berjumlah 200 ribu lebih, semuanya datang berobat di RSU Kota ketika sakit

“Lagian tidak mungkin semua penduduk sakit secara serentak setiap hari dan hanya mau berobat di RSU. S.K. Lerik menggunakan KTP. Sudah banyak rumah swasta yang beroperasi di Kota Kupang, yang menerima pelayanan kesehatan menggunakan kartu BPJS,” ungkapnya.(riflan hayon)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]