3606 Anggota Linmas Siap Amankan Pilbup Kupang

  • Whatsapp
Oelamasi, Seputar NTT.com – Sebanyak 3606 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap membantu pengamanan dan ketertiban demi kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kupang periode 2014-2019 yang akan diadakan tanggal 5 September mendatang.
Kesiapan anggota Linmas Kabupaten Kupang ini ditandai dengan penugasan dan penyerahan anggota Linmas oleh Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki,MS,Ph.D kepada Kapolres Kabupaten Kupang yang diwakili oleh Kabag Ops. Nasional Herik Fai pada upacara penugasan/penyerahan satuan linmas dalam rangka ketentraman, ketertiban dan pengamanan Pemilukada Kabupaten Kupang di Civic center-Oelamasi, Senin (2/9) kemarin.
Bupati Titu Eki dalam sambutannya berpesan kepada anggota Satlinmas yang akan bertugas agar tidak terseret kedalam pusaran berbagai kepentingan sesaat yang dapat menyebabkan persatuan dan kesatuan masyarakat tercabik-cabik.
Dikatakan, Satlinmas memegang peranan penting guna memberikan kontribusi yang signifikan untuk kelancaran dan kesuksesan hajatan demokrasi yang akan menentukan masa depan daerah Kabupaten Kupang 5 tahun kedepan.
Menurut Bupati Titu Eki, upacara penugasan atau penyerahan ini merupakan salah satu perwujudan dari keikutsertaan Satlinmas sebagai organisasi masyarakat dalam pembelaan negara yang ditugasi untuk membantu aparat Pemerintah dan aparat keamanan dalam memelihara suasana aman, tenang, dan tanpa tekanan dari pihak manapun.
Pada kesempatan tersebut Bupati Titu Eki berpesan kepada seluruh anggota Satlinmas untuk memlihara semangat juang yang tinggi untuk menjadi benteng pengamanan Pancasila dan UUD 1945, menjadi pejuang penegak cita-cita demokrasi, menghindari tindakan-tindakan berlebih yang dapat menimbulkan antipati masyarakat atau perbuatan yang menjurus kepada sikap menakut-nakuti dan merugikan masyarakat.
Selain itu anggota Satlinmas diharapkan peka dan tanggap terhadap masalah yang timbul serta secepatnya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pengamanan dan bila perlu penanganan lebih lanjut.
Sementara itu Kapolres Kupang yang diwakili Kabag Ops Nasional Hendrik Fai dalam amanatnya mengatakan, pelaksanaan pengamanan Pemilu-Pemilukada bukan merupakan tugas dan tanggung jawab Polri semata melainkan tugas dan tanggung jawab semua komponen masyarakat dalam mewujudkan dan menjamin rasa aman bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang dalam proses Pemilukada ini.
Beberapa faktor penting yang perlu mendapat perhatian, kata Fai, ialah faktor geografis Kabupaten Kupang yang berbukit serta akses jalan yang belum memadai sehingga berdampak pada pendistribusian logistik pemilu. Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan ialah Demografi, Politik dan Hukum, Sosial Budaya, serta Faktor Keamanan.
Lebih lanjut ditambahkan Fai, tugas penting yang harus dilakukan oleh Polri dibantu anggota Linmas ialah pengamanan proses pemungutan suara dan kotak suara. Untuk itu kepada petugas Linmas yang bertugas di garis depan pada Pemilukada ini diminta untuk lebih peka dalam mengamati setiap TPS.
“Catat semua kejanggalan sekecil apapun yang berpotensi sebagai pelanggaran hukum dan dapat mengganggu Kamtibmas untuk selanjutnya diinformasikan kepada petugas Polri guna pengambilan tindakan lebih lanjut,” pinta Fai. (sho)

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *