Home / News Flash / 29.098 RTS Di Kabupaten Kupang Mulai Terima Raskin

29.098 RTS Di Kabupaten Kupang Mulai Terima Raskin

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Oelamasi, seputar-ntt.com – Sebanyak 29.098 RTS-PM di Kabupaten Kupang mulai menerima jatah Beras Miskin (Raskin). Pendistribusian beras ini diawali dengan acara launching Raskin 2014 di kantor Bupati Kupang di Oelamasi, Selasa (18/2/2014).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd saat launching Raskin kemarin mengatakan, pemberian beras untuk warga miskin (Raskin) di Kabupaten Kupang harus tepat sasaran dan dalam pendistribusiannya harus benar-benar diterima oleh mereka yang namanya sudah ditetapkan agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

“Jadi kepada para tim pengurus raskin untuk dapat mendistribusikan dengan sebaik-baiknya,” kata Paut.

Dijelaskan, penentuan jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat ini melalui mekanisme yang telah ditetapkan dari Pusat berdasarkan data PPLS, dimana Januari 2013 lalu jumlah KK miskin penerima raskin di Kabupaten Kupang tercatat sebanyak 29.098 RTS-PM. Data ini masih tetap digunakan pada tahun 2014 ini untuk pemberian raskin.

Baca Juga :  168 KK Fatubesi Minta Pemkot Hibahkan Lahan Yang Ditempati

“Jumlah penerima raskin di Kabupaten Kupang terus menurun. Berdasarkan data PPLS tahun 2008 jumlah KK penerima raskin berjumlah 40.317 dan mengalami penurunan tahun 2011 sebanyak 29.936 dan terus turun menjadi 29.098 pada tahun 2013 lalu. Ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kupang semakin baik,” papar mantan Kadis PPO Kabupaten TTS ini.

Dikatakan, melalui pencanangan program Tanam Paksa, Paksa Tanam diharapkan masyarakat termotivasi agar berupaya melepaskan diri dari kemiskinan dengan menanam tanaman produktif yang hasilnya selain dapat di konsumsi sendiri, dapat juga dijual untuk peningkatan taraf hidup.

Kendala dan hambatan yang selama ini menganjal dalam kelancaran pendistribusian raskin, sebut Paut, keterlambatan distribusi yang disebabkan akses menuju wilayah-wilayah yang jauh seperti Amfoang sangat sulit dicapai saat musim penghujan seperti sekarang ini. Untuk dirinya sangat mengharapkan perhatian dan dan dikungan dari Kadivreg Bulog NTT dan jajarannya agar penyaluran raskin dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai jadwalnya.

Baca Juga :  Pengacara Mantan Ketua DPRD Rote Ndao Tantang Kajari Ba’a

Sekda Paut juga menyampaikan harapannya agar semua pihak dapat mendukung lancarnya proses pendistribusian raskin ini sehingga menjadi lebih baik dari tahun-tahun.

Sementara itu, Asisten II Victoria Kanahebi dalam laporannya mengatakan, tahun 2014 ini Kabupaten Kupang menerima Pagu raskin sebesar 5.235.480 Kg beras untuk 29.098 Kepala Keluarga di 177 Desa/Kelurahan yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Kupang.

Tahun 2013 lalu, sebut Kanahebi, Kabupaten Kupang sukses mendistribusikan raskinnya dengan presentease 100 %. Kali ini setiap KK akan mendapat jatah raskin sebanyak 15 Kg/ Bulan dengan harga perkilonya sebesar Rp1.600 sehingga diharapkan dapat membantu meringankan masyarakat.
Hadir pada acara launching tersebut Kadivre Regional Perum Bulog NTT, Miftahul Adha serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Setda Kabupaten Kupang. (sho)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]