Home / Seputar NTT / 25 Karyawan Toko di Manggarai Terpapar Covid-19

25 Karyawan Toko di Manggarai Terpapar Covid-19

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Share Button

Ruteng, seputar-ntt.com – Juru bicara penanganan covid 19 Kabupaten Manggarai membenarkan 25 dari 36 karyawan yang melakukan Rapid Test Antigen yang bekerja di tiga unit usaha di Ruteng terdapt terkonfirmasi Positif Covid-19.

Dari 36 karyawan itu 11 orang karyawan lainya dinyatakan negatif C19. Sedangkan Ke-25 orang karyawan yang hasil Rapid Test Antige positif covid 19 ini kemudian diminta untuk menjalankan isolasi mandiri di tempat tinggalnya masing-masing.

Vinsen Pemilik Ketiga Unit Usaha diatas, menuturkan bahwa kasus ini bermula saat sejumlah karyawan yang bekerja di tiga tempat usahanya tidak masuk kerja karena alasan sakit.

“Karena mengeluh sakit dengan gejala semua badan terasa sakit, sakit kepala, batuk, flu dan demam pemilik usaha mengambil keputusan dengan meminta seluruh karyawan yang berjumlah 36 orang melakukan pemerikasaan Tiga hari sebelum permintaan Rapid Test Antigen dengan seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan,” kata Vinsen

Dikatakan, pemeriksaan Rapid Test dilakukan di Tempat dokter praktek/klinik Swasta. Seluruh karyawan yang hasil Rapid Test antigen Positif langsung diberikan obat, vitamin serta mendapatkan edukasi kesehatan dan diminta untuk melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari hingga dinyatakan sehat oleh Tim Medis baru bisa melanjutkan kerja kembali.

Vincen menambahkan, sebagai pemilik tempat usaha, pihaknya bersedia menutup sementara selama sepekan semua aktivitas di tempat usahanya untuk dilakukan disinfektan oleh petugas. Dia juga belum bisa memastikan sumber awal penularan yang terjadi di ketiga tempat usaha miliknya.

“Setiap pagi, karyawan yang masuk kerja sebelum masuk toko diwajibkan cuci tangan, ukur suhu badan, tangan disemprot alkohol atau handsanitizer, wajib pakai masker. Semua pembeli yang mau masuk juga diperlakukan sama”, ungkap Vinsen.

Satgas Covid-19 menghimbau kepada seluruh pemilik toko dan Usaha yang mempekerjakan Karyawan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai untuk melakukan RDT-Ag secara rutin kepada seluruh karyawan baik yang bekerja di toko atau tempat usaha maupun di rumah kediaman pemilik.

Demi memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid 19 ditengah-tengah masyarakat, Satgas C19 telah mengantongi daftar nama 25 orang karyawan dan alamat tempat tinggalnya masing-masing untuk dilakukan penanganan kesehatan sekaligus mempermudah proses pelacakan kontak erat.

Satgas Covid-19 juga meminta kepada seluruh warga Masyarakat manggarai yang seminggu terakhir pernah berbelanja atau pernah kontak erat dengan Karyawan yang sudah terkonfirmasi positif covid, diminta untuk segera melaporkan diri kepada Satgas atau bisa  melakukan Rapid Test Antigen secara Mandiri, Wajib menerapkan protokol kesehatan, isolasi mandiri dan batasi aktvitas.

“Mengingat laju angka kesakitan dan angka kematian akibat Covid 19 yang terus mengalami peningkatan, Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Manggarai meminta dukungan dan kerjasama seluruh warga masyarakat untuk bekerja bersama dan sama-sama bekerja menghentikan mata rantai penularan dengan wajib mematuhi setiap protokol Kesehatan,” Tegas Lody. (Didimus)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]