Home / News Flash / 126 Anak Yatim dan Disabilitas Dapat Bantuan Dari Pemkot Kupang

126 Anak Yatim dan Disabilitas Dapat Bantuan Dari Pemkot Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang, seputar-ntt.com–Sebanyak 126 anak Yatim dan Penyandang Disabilitas mendapar bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, melalui Dinas Sosial Kota Kupang.

Penyerahan diberikan lamgsung oleh Walikota Kupang, Jefristson Riwu Kore di Rumah Jabatan Walikota Kupang, Kamis (13/6/2019) berupa beras, mie instans, susu bubuk dan kebutuhan lain dengan jumlah yang cukup memadai.

Dalam arahannya, Walikota Kupang yang akrab dipanggil Jeriko mengatakan, kebutuhan yang diperlukan oleh anak Yatim maupun penyandang disabilitas sebenarnya merupakan tanggung jawab pemerintah.

“Kami akui, Pemerintah belum banyak berbuat untuk anak yatim dan penyandang disabilitas, dan belum banyak memperhatikan kebutuhan mereka,” aku Jeriko.

Menurutnya, dibutuhkan bukan hanya makan dan minum saja, tapi juga fasilitas dan akses untuk mereka, sehingga mereka bisa berbuat banyak dan sama dengan saudara yang lainnya.

Baca Juga :  Walikota dan Bupati Kupang Diminta Tanggalkan Ego Soal PDAM

“Makan dan minum itu hanya komponen kecil yanf harus dipenuhi pemerintah, tapi bagaimana pemerintag bisa memberika akses dan fasilitas yang dibutuhkan mereka,” tandasnya.

Jeriko menjelaskan, pihaknya srcara pribadi sering datang berkunjung ke panti-panti asuhan dan penyandang disabilitas, untuk mengetahui kebutuhan yang mereka imginkan.

“Seharusnya kita bisa berkunjung secara rutin ke mereka, untuk berdiskusi. Bukan mengumpulkan seperti ini,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial, dr. Retnowati mengungkapkan, penyandang disabilitas merupaka bagian dari warga masyarakat yang harus mendapat perhatian dan kepedulian dari Pemkot Kupang, khususnya penyandang disabilitas berat, karena mereka memiliki keterbatasan fisik, mental dan intelektual.

“Untum itu, sesuau amanat UU nomor 8 Tahun 2016, Pemkot memberikan bantuan kepada 126 Anak Yatim dan Penyandang disabilitas tersebut,” papar Retnowati.

Baca Juga :  Presiden IFAD Pantau Program Bantuan di Kota Kupang

Secara keseluruhan, tambah Retnowati, dana yang diberikan sebesar Rp 200 Juta yang diberikan dalam bentuk bahan makanan dan minuman yang menyehatkan.

Ke-126 Penerima bantuan tersebut, kata Retnowati, diberikan kepada kelompok sasaran anak yatim dan anak dengan disabilitas sebanyak 51 orang yang ada ditiga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

“Sisanya 75 Orang anak yatim, anak dengan disabilitas dan lanjut usia terlantar diluar asrama, yang tersebar di enam kecamatan di Kota Kupang,” paparnya.(joey)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]